Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BLH: Lomba Kebersihan untuk Meningkatkan Kebersihan Lingkungan

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 04 Oktober 2016 - 14:34 WIB

BORNEONEWS, Kobar - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Pemkab Kobar) menggelar lomba kebersihan, yang diharapkan dapat meningkatkan kebersihan di lingkungan masing-masing. Lomba yang memperebutkan hadiah total Rp53,5 juta itu, diselenggarakan untuk tingkat SD, SMP, SMA, Rukun Tetangga (RT), Kecamatan dan  Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

"Dengan adanya lomba seperti ini dapat meningkatkan kebersihan di lingkungan kita, sehingga lingkungan menjadi tampak bersih secara keseluruhan dan hal itu mencerminkan kebersihan secara keseluruhan di kawasan kota," ujar Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kobar, Fahrizal Fitri, Senin (3/10/2016).

Menurut Fitri, dengan adanya lomba ini juga meningkatkan kesadaran di semua tingkat dalam pengelolaan kebersihan, seperti Bank Sampah yang sekarang sudah ada di masing-masing sekolah serta kebersihan dan juga pengelolaan taman dimasing-masing tingkat yang juga dinilai semakin baik.

"Kita berharap target-target ini bisa mendukung target kita untuk memperoleh Adipura Paripurna pada tahun 2017," harap Fitri. 

Fitri meneruskan, khusus SKPD dilingkup pemerintahan Kobar perlu adanya peningkatan standar dalam pengelolaan lingkungannya, baik dari segi kebersihan maupun pembangunan taman. Pasalnya untuk tiga besar pemenang lomba kebersihan tingkat SKPD tahun ini sama dengan tahun lalu.

"Kita sudah membuat passing grade, untuk masuk kategori pemenang harus di atas nilai 70 akan mendapat bendera hijau, apabila dibawah 70 maka akan mendapat bendera hitam,"  imbuh Fitri.

Dalam lomba kebersihan tersebut untuk tingkat sekolah dasar juara 1 dengan nilai 78,61 direbut SDN Mendawai 2, kemudian di susul SDN Sidorejo 1 dan SDN Mendawai 1, untuk tingkat SLTP juara 1 dengan nilai 79,56 di rebut SMPN 1 Arsel, juara II SMPN 7 Arsel dan juara III jatuh pada SMPN 11 Arsel. Sementara itu SMA N 1 Pangkalan Bun, dengan nilai 80.80, Juara II SMAN 3 Pangkalan Bun dan Juara III MAN Pangkalan Bun.

Untuk juara tingkat RT di rebut oleh RT 19, Keluarahan Madurejo dengan nilai 73,92, Juara II RT 08 Desa Pasir Panjang dan Juara III RT 09 Desa Pasir Panjang.

Untuk Tingkat Kecamatan juara pertama di raih Kecamatan Arsel dengan nilai 72,22 di susul Pangkalan Lada dan Kecamatan Kumai.

Selain itu untuk SKPD Juara 1 di raih RSUD SI dengan nilai 78.80 kemudian disusul BLH Kobar serta DPU Kobar. (KOKO SULISTYO/N).

Berita Terbaru