Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dalam Sejam Dusun Betung Bersih dari Sampah Berserakan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 07 Oktober 2016 - 17:51 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Hanya dalam waktu sekitar satu jam Dusun Betung, di Desa Tumbang Liting, Kecamatan Katingan Hilir, Katingan, Kalimantan Tengah, bersih dari berbagai sampah yang berserakan. Itu yang terjadi setelah puluhan pegawai Pemerintah Daerah Katingan bersama masyarakat, berjibaku dalam acara Jumat Beriman (Jumat bersih, indah dan nyaman), Jumat (7/10/2016).

Jumat beriman yang dipimpin Bupati Katingan, Ahmad Yantenglie didampingi Sekda Nikodemus dan Kepala BLH Katingan, Hap Baperdo ini selain diikuti puluhab ASN/PNS di masing-masing SKPD, juga diikuti oleh puluhan warga Dusun Betung.

Tak ketinggalan pula puluhan anak pramuka dari berbagai wilayah kecamatan yang tengah mengikuti kemah besar juga turut ambil bagian pada bersih-bersih itu.

Bupati Ahmad Yantenglie mengaku gembira dengan banyaknya peserta Jumat beriman kali ini. "Dengan gotong royong ini, pekerjaan sesulit atau seberat pun bisa kita selesaikan dengan baik dan dalam waktu cepat, seperti hari ini."

Menurut Bupati Tenglie, Jumat Beriman dipusatkan di Dusun Betung, dalam rangka melakukan daya dukung pencanangan Dusun Betung sebagai pengembangan budaya Dayak. Bupati mengaku, hanya bisa memberikan contoh bagaimana cara membersihkan lingkungan itu agar terlihat bersih, indah dan nyaman.

"Harapan kita ke depan pihak BLH bisa merekrut tenaga kontrak untuk dijadikan tenaga kebersihan khusus pengangkut sampah dari Dusun Betung ini menuju TPS yang ada di tepi Jalan Trans Kalimantan," katanya.

Sementara itu Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Katingan, Hap Baperdo mengatakan jika dalam kesempatan itu pula juga dirangkai acara komitmen bersama menjaga keasrian dan kelestarian lingkungan hidup Dusun Betung sebagai desa budaya.

Komitmen bersama itu antara Camat Katingan Hilir Ardiansyah, Kepala Desa Tumbang Liting yang membawahi Dusun Betung, Didi dan Ketua Rt6 Dusun Betung Syamin Sinel.

"Ada 5 poin dalam komitmen itu, diantaranya berupaya bersama mewujudkan Dusun Betung sebagai desa budaya dengan mempertahankan keasrian dan kelestarian lingkungan," kata Kepala BLH Katingan, Hap Baperdo.

Selain itu mewujudkan Dusun Betung bersih, indah, nyaman dan berbudaya. Melestarikan flora dan fauna yang terdapat di Dusun Betung dan melarang segala bentuk kegiatan berupa pembalakan liar sekitar Dusun Betung serta berupaya mempertahankan dan mengembangkan budaya Dayak yang sudah ada. (ABDUL GOFUR/N).

Berita Terbaru