Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemandirian Orang Tua Mengasuh Anak Terus Meningkat

  • Oleh Norhasanah
  • 08 Oktober 2016 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Berdasarkan hasil pengamatan Ikatan Dokter Indonesa (IDI) Kabupaten Sukamara, tingkat kemandirian orang tua dalam memberikan asuhan bagi balita sudah semakin baik, umumnya pengetahuan diperoleh dari menjelajah dunia maya. Tingkat kemandirian orang tua terhadap pola asuh anak balita semakin meningkat dan ini memberikan dampak sangat baik bagi perkembangan anak.

'Berdasarkan pengamatan kita dari hasil Lomba Balita Indonesia (LBI) yang selalu dilaksanakan setiap tahun, bisa kita simpulkan, setiap tahun kemampuan orang tua dalam mengasuh anak terus meningkat,' kata Ketua IDI Sukamara, Dr Anas Yamin, Jumat (7/10/2016).

Anas Yamin mengatakan, dulu orang tua masih sering berkonsultasi kepada dokter mengenai cara mengasuh yang benar, namun sekarang sebagian besar orang tua di Kabupaten Sukamara sudah mandiri. 'Kemandirian orang tua dalam mengasuh anak selain dari konsultasi kedokter juga pengetahuan yang didapat dari dunia maya yang saat ini bisa diakses oleh siapa saja.'

Sebelumnya Bupati Sukamara, Ahmad Dirman mengatakan, kemandirian orang tua dalam mengasuh anak sangat penting dalam membina tumbuh kembang balita secara optimal. Menurut Dirman anak yang masih dalam usia dini harus dijaga dan diperlakukan dengan baik agar tumbuh kembangnya tidak terganggu. Mengingat anak balita merupakan salah satu aset bangsa yang sangat berharga dalam menentukan kelangsungan hidup dan kejayaan bangsa di masa mendatang.

'Anak balita juga berhak atas peluang dan dukungan untuk mewujudkan pengembangan diri dan kemampuannya' ucapnya.

Dirman berharap melalui kegiatan yang digelar oleh pemerintah seperti LBI dapat menjadi salah satu media pembelajaran orang tua dalam meningkatkan kemampuan dan pengetahuan orang tua dalam membina tumbuh kembang balita dalam upaya pembinaan dan pengembangan kesehatan dan kesejahteraan balita.

'Melalui kegiatan LBI tersebut dapat memberi pengetahuan tambahan bagi orang tua bagaimana cara memperlakukan anak, supaya anak-anak kita ini sehat sesuai harapan kita semua' harap Bupati Sukamara. (NORHASANAH/N).

Berita Terbaru