Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kalimantan Tengah Siap Tindaklanjuti Pemekaran Kotara

  • Oleh M. Rifqi
  • 13 Oktober 2016 - 09:40 WIB

BORNEONEWS, Kotawaringin Timur - Pemerintah Provinsi dan DPRD Kalimantan Tengah siap menindaklanjuti pemekaran wilayah Kotawaringin Utara (Kotara). Perjuangan panjang masyarakat wilayah Utara Kabupaten Kotawaringin Timur untuk menyongsong pemekaran pelan tetapi pasti terus berproses. DPRD dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sepakat melanjutkan proses daerah otonomi baru (DOB) Kotawaringin Utara.

'Komisi A DPRD Provinsi Kalteng ingin mendengar langsung kelengkapan berkas persyaratan administrasi DOB Kotara. Sebab, dari rapat dengar pendapat yang pertama masih ada persyaratan belum lengkap,' ujar Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Jhon Krisli, saat ditemui di ruang kerjanya, di Sampit, Rabu (12/10/2016).

Jhon mengungkapkan, belum lama ini dirinya bersama Wakil Bupati Kotim, M Taufiq Mukri dan Badan Pekerja Persiapan Pemekaran Kabupaten (BP3K) Kotara, menghadiri rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi A DPRD Provinsi Kalteng.

Menurut Jhon Krisli, BP3K bersama DPRD dan Pemkab Kotim menyampaikan, sejak tiga bulan lalu persyaratan administrasi yang sebelumnya masih perlu perbaikan, seperti berita acara tata batas wilayah Kotim-Seruyan, Kotim-Katingan, dan Kotim-DOB Kotara, termasuk tata batas antarkecamatan di wilayah utara sudah rampung. Begitu juga kajian akademis dari Universitas Palangka Raya juga sudah diperbaiki.

'Selain itu BP3K Kotara juga telah menyepakati letak ibukota kabupaten, yakni di Kecamatan Parenggean, tepatnya diantara kilometer delapan hingga kilometer 20 antara Parenggean-Sangai,' jelasnya.

Menurut politisi PDI Perjuangan itu, dari hasil RDP dengan Komisi A DPRD Provinsi Kalteng, disimpulkan berkas persyaratan sudah terpenuhi. Direncanakan pada 17 November 2016 mendatang akan digelar paripurna DPRD Provinsi Kalteng dengan agenda rekomendasi persetujuan bersama antara DPRD dan Gubernur Kalteng tentang Pembentukan DOB Kotara.

'Kami mengucapkan terima kasih kepada DPRD dan Gubernur Kalteng atas dukungannya. Sehingga ada kepastian tentang rekomendasi persetujuan bersama DOB Kotara yang akan diteruskan ke Menteri Dalam Negeri,' ucap Jhon.

Wakil Bupati Kotim, M Taufiq Mukri, mengatakan pemkab bersama DPRD Kotim terus mendukung upaya pembentukan DOB Kotara. Terbukti dengan dialokasikannya anggaran yang bersumber dari APBD Kotim untuk proses tersebut dalam tiga tahun anggaran terakhir.

'Kami berharap apabila nantinya DOB Kotara terwujud, akan mendekatkan rentang kendali pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat lebih optimal,' ucap Taufiq Mukri. (M. RIFQI/N).

Berita Terbaru