Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wah Keren, Gubernur ini Tak Sungkan Pungut Sampah

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 16 Oktober 2016 - 10:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Tanpa basa-basi langsung pasang aksi. Menenteng tas besar warna hitam, ia berjalan menyusuri jalan sambil memungut sampah. Juga tak sungkan menyelinap di kerumunan warga lalu membungkuk untuk mengambil plastik dan sisa jajanan yang dibuang sekenanya. 

Beberapa warga yang asik di kawasan bundaran besar depan Istana Isen Mulang dibuat kaget.

Ya, karena dia adalah Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran. Minggu (16/10/2016) ia ikut menikmati segarnya udara pagi dan berbaur dengan masyarakat yang menikmati Car Free Day (CFD) yang memang dibuka setiap Minggu pagi. Usai olah raga di Bundaran, gubernur muda ini langsung mengambil sampah berceceran.

'Mari kita berbuat, cintai dan jagalah kebersihan. Mari tunjukkan empati kita agar kota ini benar-benar Cantik. Mari kita lakukan sekecil apapun yang kita bisa,' ujar Gubernur Sugianto sambil menyapa anak-anak muda yang juga asyik jogging.

Lihat tingkah gubernur yang unik ini, berkaos merah dan bercelana pendek, bahkan tanpa alas kaki. Jauh dari kesan sehari-hari saat memimpin Kalteng. Kali ini ia adalah warga biasa, sama dengan Rakyat Kalteng lainnya. Ia tak sungkan memungut sampai di bawah gerobak tukang pentol sekalipun.

Awalnya bagi yang tidak mengenali gubernur tentu biasa-biasanya saja. Begitu ada yang nyeletuk 'eh itu kan Pak Gubernur' sontak membuat warga merapat. Beberapa diantaranya berebut mengelilingi gubernur dan mengikuti langkahnya secara spontanitas.

Mereka ikut memunguti sampah di belakang gubernur bersama Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio, Kepala Biro Keuangan Setda Kalteng Kaspinor, Kadis Cipta Karya tat ruang dan Perumahan Kota Palangka Raya Rojikinnor, dan komunitas Gerakan Pungut Sampah yang hampir tiap Minggu memungut sampah jajanan di Bundaran Besar.

'Saya mengapresiasi gerakan pungut sampah yang dilakukan anak-anak muda kita ini. Sangat positif, harus didukung dan agar diikuti semua. Mereka peduli, kenapa kita tidak,' katanya.

Tak pelak, gerakan Gubernur energik ini mengundang decak kagum.' Hebat ya, tak mengira loh sebegitu meakyatnya beliau. Tidak canggung, merasa jijik atau jorok, apalagi sungkan seperti pejabat kebanyakan lainnya. Salut deh,' kata Wawan, salah satu warga yang asik mendorong gerobak bayi bersama istrinya, saat melihat aksi spontan gubernur.

Foto-foto yang diupload ke media sosial pun mendapat beragam tanggapan. 'Hebat pemimpin yang satu nih... tidak sombong, tidak banyak gaya, ini yang patut ditiru,' tulis Rina Embang mengomentari foto tersebut. 'Mantap Pak gubernur ini. Biar Palangka Raya tetap cantik,' timpal Baru I Sangkai, yang juga Kepala Satpol PP Palangka Raya.

Namun ada juga Netizen yang nyeletuk saat mengapresiasi pemandangan dalam foto tersebut.Ini lantaran ada pejabat di belakang gubernur, entah saking cengangnya baru melihat gubernur yang mau memungut sampah atau karena hal lain sehingga tidak mengikuti langka gubernur. 'Gubernurnya merakyat, yang d ibelakangnya cuma senyum liat pak gubernur mungut sampah,' tulis khaerul Adnani. (ROZIKIN/m)


TAGS:

Berita Terbaru