Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Katingan Diingatkan Bahaya Penyakit DBD

  • Oleh Abdul Gofur
  • 24 Oktober 2016 - 18:07 WIB

BORNEONEWS, Katingan - Kepala Dinas Kesehatan Katingan, Robertus Pamuriyanto mengingatkan warga agar selalu mewaspadai penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD) pada musim hujan. Sejauh ini, belum ada laporan tentang masyarakat yang terserang DBD.

"Iya setiap musim penghujan itu pasti banyak perkembangbiakan nyamuk, termasuk nyamuk penyebab penyakit malaria dan DBD," sebut Kepala Dinas Kesehatan Katingan, dokter Robertus Pamuriyanto, di Kasongan, Senin (24/10/2016).

Namun demikian, katanya sampai saat ini pihaknya masih belum menemukan atau mendapat laporan ada warga yang terjangkit gejala penyakit DBD ini. "Tapi kita harus selalu mewaspadai terhadap penyebaran pentakit DBD ini, sebab DBD ini adalah penyakit yang mematikan apabila tidak segera ditangani," katanya.

Untuk itu Robertus Pamuriyanto mengimbau kepada warga Katingan agar selalu membiasakan pola hidup bersih, terutama di lingkungan rumah masing-masing.

"Misalnya membuang bekas kaleng atau ember yang sudah tidak dipakai, sebab biasanya nyamuk penyebab DBD ini suka berkembangbiak di tempat-tempat penampungan yang airnya jernih,".

Guna mengantisipasi penyakit DBD ini, Dinas Kesehatan Katingan juga membagikan gratis bubuk abate kepada warga untuk dicampurkan ke dalam bak-bak penampungan, seperti untuk mandi dan mencuci.

Selain di Kecamatan Kamipang, daerah-daerah yang selama ini dianggap rawan terjadinya penyebebaran DBD juga berada di Kecamatan Katingan Hilir, kemudian Kaecamatan Tewang Sanggalang Garing dan Kecamatan Katingan Tengah. (ABDUL GOFUR/N).

Berita Terbaru