Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cuaca Ekstrim, KSOP Kumai Anggap Pelayaran Masih Normal

  • Oleh Cecep Herdi
  • 27 Oktober 2016 - 16:33 WIB

BORNEONEWS, Kotawaringin Barat - Memasuki musim hujan, disertai angin kencang, sejumlah wilayah di Kabupaten Kotawaringin Barat terdampak cuaca ekstrim. Mulai dari angin ribut hingga badai guntur. Namun, di wilayah perairan, cuaca tak terlalu berpengaruh bagi pelayaran kapal.

Contohnya beberapa kapal penumpang dan barang (kapal Roro) milik Angkutan Sungau Danau dan Penyeberangan (ASDP) serta kapal milik PT Dharma Lautan Utama (DLU). Hingga memasuki pelan ke empat bulan Oktober ini, belum ada satu pun kapal yang terganggu dan gagal menyeberang baik dari Pulau Jawa ke Kumai (Kobar) maupun sebaliknya.

"Untuk cuaca saat ini bagi pelayaran masih normal, tinggi gelombang rata-rata 0,5 meter dan kecepatan angin berkisar antara 5 sampai 7 knot," ujar Kasi Keselamatan Berlayar KSOP Kumai, Suyanto, Rabu (26/10/2016).

Ia menyampaikan, sejak dimulainya hujan yang cukup intens beberapa pekan ke belakang, hingga akhir bulan kondisi pelayaran di tengah laut masih aman. Meskipun demikian, pihaknya tetap menekankan kepentingan keselamatan di di dalam kapal kepada para operator kapal. "Sehari yang lalu sudah kami sampaikan surat edaran tentang standar keselamatan pengangkutan kendaraan pada kapal Roro," ujar dia

Pihaknya juga mengingatkan terhadap kapal penumpang dalam pemuatan yang berada di dek muatan. Terlebih barang-barang seperti kendaaan yang bergerak. Supaya sistem pengikatan kendaraannya benar-benar aman sesuai ketentuan.

"Untuk angkutan kapal per kedatangan kapalnya saat ini kurang lebih 10 sampai 15 kendaraan. Meski cuaca saat ini relatif normal di tengah laut tetapi kami tetap melakukan pemeriksaan ke atas kapal kita cek kondisi fisik dan melakukan briding terhadap nahkoda dan kapten kapal," pungkasnya. (CECEP HERDI/N).

Berita Terbaru