Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dukungan Moral untuk Dahlan Iskan dalam CFD Pangkalan Bun

  • 07 November 2016 - 15:28 WIB

BORNEONEWS, Kotawaringin Barat - Suasana berbeda terlihat dalam Car Free Day (CFD), Minggu (6/11/2016) pagi, di Jalan Sutan Syahrir, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Seratusan peserta pada 'hari bebas berkendara' itu, berkerumun untuk membubuhkan tanda tangan sebagai simbol dukungan moral kepada mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan.

Mereka mengaku prihatin dengan penahanan mantan Menteri BUMN itu oleh Kejaksaan Tinggi, Jawa Timur. Dalam waktu kurang dari dua jam, seribuan tanda tangan dari masyarakat tumpah-ruah pada kain putih sepanjang 5 x 1,5 meter tersebut.

Sejumlah peserta CFD sukarela membubuhkan tanda tangan bukan tanpa alasan, usai memberikan tanda tanganya, Ardena berucap, "keadilan sedang disalahgunakan," ujarnya. Warga lain, Thomas Dedi mengatakan, "saya percaya Dahlan, Dia orang baik." Sementara itu, Fuad Hasan berujar, "Dahlan Iskan ditumbalkan elit politik." Dan banyak lagi ungkapan prihatin yang disampaikan warga.

Selama kurang dua jam menggalang dukungan, aksi ini mampu mendapat seribuan tanda tangan. Masyarakat yang mengenal Dahlan, dengan ringan tangan langsung meminta spidol yang sudah disediakan.

Ditemui di lokasi, Relawan Dahlan Iskan (ReDI) Pangkalan Bun, Novi mengungkapkan, aksi galang tanda tangan ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi warga Pangkalan Bun yang ingin memberikan dukungan moral bagi Dahlan Iskan. "Kami prihatin. Kenapa orang sebaik Dahlan masih saja ditahan," ungkapnya.

Ia meyakini, Dahlan merupakan tumbal politik di tingkat elite. Sehingga, sebaik apa pun perilaku dan sikapnya selama ini, akan tetap dalam bidikan. "Ini yang harus kita hentikan. Penguasa tidak boleh semena-mena," cetusnya.

Relawan lain, Ria Juliyanti menilai jika penegakan hukum di Indonesia masih tebang pilih, padahal masih banyak kasus yang lebih besar, kenapa harus ditutup-tutupi dan mengorbankan orang baik.

Pak De Tolak  Tanda Tangan

Sejak pagi tampak calon bupati dan wakil bupati periode 2017-2022 (Petahana) Bambang Purwanto beserta Said Syamsudin Noor (PakdeSaid) tebar pesona di arena CFD.

Namun, saat sampai di lokasi aksi relawan Dahlan Iskan, Dia menolak membubuhkan tanda tangan pada kain putih yang dibentangkan di depan Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Pangkalan Bun.

Disodorkan spidol oleh salah satu relawan Dahlan Iskan, pria yang karib disapa Pak De itu beralasan tidak ingin memcampuri urusan hukum yang membelit mantan Menteri BUMN itu.

"Saya tidak ingin mencampuri penegakan hukum," ucapnya singkat.

Setelah meninggalkan relawan, Bambang Purwanto dan Said Syamsudin Noor melanjutkan perjalanan di arena CFD. Keduanya tampak menyalami dan berfoto dengan sejumlah peserta CFD. (FAHRUDDIN FITRIYA/N).

Berita Terbaru