Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jumat Bersih Lingkungan Rutin Digelar Desa Pematang Limau

  • Oleh Parnen
  • 11 November 2016 - 16:45 WIB

BORNEONEWS, Seruyan - Setiap Jumat pagi, lokasi permukiman perdesaan terutama di lingkungan RT (rukun tetangga) di Desa Pematang Limau, Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan, tampak ramai. Para warga berkumpul mengikuti kegiatan gotong royong pembersihan lingkungan yang dikomandoi oleh pemerintah desa.

Seperti Jumat (11/11/2016), banyak warga yang tergabung dalam satu RT menyempatkan waktu di luar kesibukan keluarga melaksanakan kerja bakti, membersihkan lingkungan RT. Antara lain menebas rumput-rumput liar yang didapati di sekitar lokasi tempat tinggal, terutama rerumputan yang tumbuh di sepanjang kiri kanan badan jalan desa ataupun pada jalan poros desa.

Menurut Kepala Desa Pematang Limau, Juharto, kegiatan pembersihan lingkungan desa ini rutin dilakukan setiap Jumat, bersama warga desa sejak Januari 2016. Upaya menjaga kelestarian dan kebersihan desa tersebut berawal inisiatif yang disetujui bersama.

'Pembersihan ini dilakukan secara bergilir untuk masing-masing RT setiap Jumat. Di desa kita terdapat enam RT. Hari ini kegiatan gotong royong dilaksanakan di RT 01,' kata Juharto di sela-sela mengikuti kegiatan pembersihan lingkungan perdesaan.

Melalui kegiatan gotong royong pembersihan tersebut, Juharto berharap, dapat terus menumbuh kembangkan dan meningkatkan kesadaran warga desa untuk perduli terhadap kebersihan lingkungan.

'Melalui gotong royong ini juga sekaligus bentuk upaya dari pemerintah desa dalam memperat tali silahturahmi dan kerjasama secara bergandengan secara harmonis bersama warga desa yang tinggal di masing-masing lingkungan RT,' ungkap Juharto.

Sementara itu, Ketua RT 01 Desa Pematang Limau, Nur Muhamad mengatakan, untuk tingkat kesadaran warga desa untuk ikut bergotong royong bersama, terutama yang berada di lingkungan RT nya, cukup tinggi. Hal ini dibuktikan masih terus aktifnya mereka (warga) untuk mengikuti kegiatan gotong royong pembersihan yang rutin dilaksanakan setiap hari Jumat pagi.

'Kami sangat mendukung berlangsungnya gotong royong bersama ini. Sehingga antar warga bisa terus saling harmonis satu sama lain. Disamping tujuan utama, menjaga kebersihan dan merawat lingkungan,' kata Nur Muhamad. (PARNEN/N).

Berita Terbaru