Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas PU Kapuas Kembali Gelar Lomba Kebersihan Lingkungan

  • 14 November 2016 - 19:11 WIB

BORNEONEWS, Kapuas - Dinas Pekerjaan Umum Kapuas kembali menggelar agenda rutin lomba kebersihan lingkungan di Kota Kuala Kapuas menuju Kapuas Bersih. Tim lomba kebersihan mulai melakukan penilaian dan turun ke lapangan. Tim penilaian yang beranggotakan puluhan orang tersebut, berasal dari berbagai instansi; Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kapuas, Dinas Kesehatan Kapuas, pihak Kecamatan Selat dan dari PWI Kapuas.

Wilayah yang masuk penilaian, khusus untuk kota seperti Kecamatan Selat. Dari Kecamatan Selat ada 8 kelurahan yang dinilai, Kelurahan Selat Tengah, Selat Utara, Selat Hilir, Selat Hulu, Selat Dalam, Selat Barat, Pulau Telo Baru dan Kelurahan Pulau Telo Lama. Hanya Keluarahan Murung Keramat dan Panamas di Kecamatan Selat yang tidak dinilai, ini karena dua kelurahan itu berada di pinggiran Kota Kuala Kapuas.

Pantauan di lapangan, tim penilai yang pertama kali mengambil lokasi di Selat Barat dan berakhir di Kelurahan Pulau Telo Lama itu, melakukan penilaian dari berbagai item yakni diantaranya kelengkapan data, sarana dan prasarana kebersihan serta pengolahan sampah, partisipasi masyarakat terhadap kebersihan, aktivitas pemilahan dan pemanfaatan sampah serta pemanfaatan pupuk dan hasil kerajinan daur ulang sampah.

Kabid Pertamanan dan Kebersihan Dinas PU Kabupaten Kapuas Rasidi melalui Kasi Perencanaan Teknisnya Henitersawati mengatakan, lomba kebersihan lingkungan ini adalah lomba yang rutin digelar oleh pemerintah kabupaten melalui Dinas PU yakni Bidang Pertamanan dan Kebersihan, bertujuan untuk meningkatkan kebersihan kota menuju 'Kapuas Barasih'.

"Dengan adanya lomba ini, kita berharap dapat memicu masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan. Dalam kegiatan penilaian, kita juga sambil melakukan kampanye untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan. Hasil dari penilaian hari ini, kebersihan kota membaik atau ada peningkatan kebersihan dari tahun lalu. Nanti semua nilai dari tim penilai kita kumpulkan dan akan kita tentukan pemenangnya,"terangnya, Senin (14/11/2016).

Nantinya lanjut Henitersawati, juara 1-3 mendapat piala tetap dan juara 1 mendapat tambahan piala bergilir Bupati Kapuas. Pihaknya juga akan memberikan hadiah berupa alat kebersihan kepada seluruh peserta lomba.

"Di setiap kelurahan, hanya ada 1 RT yang kita nilai. Nanti tahun depan akan bergantian lagi dengan RT yang lain untuk mendapat penilaian. Misal di Kelurahan Selat Tengah, tahun 2016 ini RT 1 yang mendapat penilaian, nah untuk tahun 2017 RT 2 yang mendapat penilaian. Jadi setiap tahun kita menilai di tempat berbeda. Tujuannya agar semua wilayah RT terpicu menjaga kebersihan,"pungkasnya. (DJEMMY NAPOLEON).

Berita Terbaru