Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menelisik Perusahaan HPH di Hulu Sungai Kahayan

  • 15 November 2016 - 21:11 WIB

Oleh: Epra Sentosa

KEDENGARANNYA janggal memang. Sebuah ekspedisi di puncak bukit di Hulu Sungai Kahayan kok ada alat berat berupa bulldozer. Dan dua buah bulldozer itulah yang membantu  seluruh peserta ekspedisi mendaki perbukitan hingga sampai ke kaki Bukit Samantuan.

Benar, itulah bulldozer milik perusahaan HPH, PT Dwima Group. Perusahaan yang  beroperasi di hulu Sungai Kahayan itu menebang dan membawa kayu yang berukuran besar dari wilayah Hulu Sungai Kahayan. Kayu dibawa melalui Desa Tumbang Manggu, Kabupaten Katingan.

 PT Dwima Group tidak melakukan penebangan di kawasan Bukit Tantan Samatuan dan areal Patahu Batu Balangan milik Dambung Mangkurab. Perusahaan inipun hanya menebang kayu yang besar, sistem tebang pilih.

 Salah satu peran HPH dalam membantu kegiatan ekspedisi yakni membuka jalan baru dan mengangkut peserta ekspedisi dengan bulldozer. Itulah satu-atunya jalan yang khusus dibuka untuk memberi jalan bagi tim ekspedisi. Pembukaan jalan itu semula direncanakan untuk jalur mobil, agar kendaraan peserta bisa sampai ke kaki bukit. Tetapi ternyata hujan lebat menjadikan jalan tanah tadi becek dan mobil tidak bisa lewat. Maka, tidak ada jalan lain kecuali peserta diangkut dengan dua alat berat itu.

'Perusahaan tidak berani melakukan kegiatan di kawasan Bukit Tantan Samatuan. Jalan yang dibuka hanya untuk kelancaran ekspedisi,' terang kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Pariwisata Kabupaten Gumas Yokdie. 

 Dengan adanya ekspedisi ini sekaligus menjadikan garansi, bahwa perusahaan HPH harus berkomitmen turut menjaga  situs dan cagar budaya di hulu Kahayan. Seperti Bukit Tantan Samatuan, Patahu Batu Balanga, Kaleka Tumbang Dangoi dan lainnya. Hal ini juga tidak lepas dari peran merintah untuk melakukan pengawasan. Bila ada pelanggaran yang dilakukan olah HPH harus dilakukan tindakan tegas sesuai aturan yang berlaku. (yoh/*)

Berita Terbaru