Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Barito Selatan Pamerkan Nenas Parigi di Explore Exotica Of Central Kalimantan

  • Oleh Uriutu
  • 20 November 2016 - 11:20 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Kabupaten Barito Selatan (Barsel) memamerkan salah satu komoditas unggulan Nenas Parigi di Explore Exotica of Central Kalimantan (EEOCK) di anjungan Kalteng Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Minggu (20/11/2016).

Sekda Barito Selatan Edi Kristianto mengatakan, nenas parigi ini sudah menjadi maskot dan menjadi ciri khas Kabupaten Barito Selatan (Barsel).

Selain itu nenas parigi sudah terdaftar di Kementerian Pertanian RI.

'Setiap kabupaten harus memiliki dua kegiatan unggulan yang bisa menjadi ciri khas daerah tersebut. Hal itu diinstruksikan oleh Menteri Dalam Negeri,' kata Edi Kristianto kepada Borneonews, Minggu (20/11/2016).

Menurutnya,Pemkab Barsel akan terus mengembangkan tanaman Nanas Parigi ini dengan membudidayakan secara luas sehingga komoditas ini bisa dikenal masyarakat.

Saat ini, lanjut dia, Dinas Pertanian Barsel telah melakukan penanaman Nenas Parigi secara massal di wilayah dibeberapa kecamatan.

Kecamatan tersebut yakni Dusun Selatan dan Dusun Utara. Pasalnya, daerah ini merupakan tempat asal tumbuhnya tanaman buah tersebut.

Ia membeberkan, ada beberapa keistimewaan yang membedakan Nanas Parigi dengan jenis nanas lainnya.

Nanas Parigi punya karakter yang spesifik dan unik sebab kadar gulanya di atas rata-rata sehingga rasanya lebih manis. Dahkan sampai bagian empulurnya, tidak menimbulkan rasa gatal di tenggorokan dan satu-satunya nanas yang bisa tumbuh di lahan gambut.

'Uniknya lagi, rasanya akan berubah jika ditanam di luar Barsel,' ucap dia.

Di tempat yang sama, Kabid Sumber Daya Dinas Pertanian Beno Kalajari mengatakan, saat ini kurang lebih 10.000 hektar telah dilakukan penanamannya.

"Kita telah melakukan penanaman massal kurang lebih 10 ribu hektar," ucap dia. (URIUTU DJAPER/m)

Berita Terbaru