Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani NasDem Kubu Sukses Kembangkan Holtikultura

  • Oleh Budi Baskoro
  • 27 November 2016 - 16:42 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Para petani bentukan Partai NasDem, di Desa Kubu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, sukses mengembangkan holtikultara. Puluhan petani yang dilantik langsung Ketua DPP Partai NasDem, Surya Paloh saat Rakernas Petani Nasional, September 2016 tersebut, sudah bisa mengembangkan tanaman holtikultura di wilayah kabupaten berjuluk Bumi Marunting Batu Aji ini.

Berbagai tanaman holtikultura tampak tumbuh subur kala anggota Fraksi NasDem DPR RI, Hamdhani mengunjungi areal komoditas pertanian-perkebunan tersebut, Sabtu (26/11/2016).

Pada pelaksanaan pengembangan tanaman holtikultura itu, petani NasDem dibantu Kelompok Tani Karya Baru Mandiri. Menurut Ketua Kelompok Tani NasDem, Taufiq Hidayat, tak kurang dari 2 hektare lahan, digarap untuk pengembangan holtikultura. Ia merinci, dalam 2 hektare lahan tersebut telah ditanami jeruk, semangka, dan lengkeng serta aneka tanaman sayuran seperti lombok, terong, buncis, bawang daun dan timun. 

"Awalnya kita bergelut di peternakan. Awal tahun 2003 bantuan ternak. Lalu 2010 kemudian berkembang menjadi P4S. Pada 2013 kami berkembang kami punya produk olahan pupuk organik cair dan pupuk organik padat. Nah dari produk pupuk ini kami bisa mengembangkan ke tanaman holtikultura dan dikukuhkan menjadi petani NasDem."

Senada, Ketua Kelompok Tani Karya Baru Mandiri, Syahrian, lahan yang digarap kelompok tani ini seluas 58 hektare. Komoditasnya lebih condong pada pengembangan tanaman holtikultura. Selaras dengan petani NasDem yang terus bekerjasama dengan Kelompok Tani Karya Baru Mandiri ini.

Dia menerangkan, untuk komoditas lombok, sudah memasuki masa panen seluas 0,5 hektare dari 1 hektare luas keseluruhan. Setiap kali panen, tak kurang dari 200 kilogram. "0,5 hektare ini belum panen jarak panen 1x seminggu. Kalau semuanya sudah memasuki masa panen itu bisa terjadi."

Selain itu, lanjut dia, untuk komoditas buah semangka bisa menghasilkan 10 ton per panen, terong 100 kilogram per 3 hari sekali panen, buncis 150 kilogram per 2 hari sekali panen, melon 1 ton sekali panen, daun bawang 200 kilogram per sekali panen dan timun 100 kilogram sekali panen. "Ada juga kami kembangkan sawit, karet serta peternakan."

Sementara itu, anggota Komisi IV DPR RI, Hamdhani siap mendukung setiap langkah petani dalam pengembangan pertanian, perkebunan, perikanan di Kalimantan Tengah, termasuk Desa Kubu. Wakil rakyat asal Kalimantan Tengah ini, pun bangga karena para petani NasDem sukses dalam pengembangan pertanian. Bahkan, dia pun siap memacu para petani NasDem mengembangkan areal pesawahan. "Kalau memang serius mengembangkan pesawahan, tinggal SMS saja ke saya, nanti saya ajukan Alsintan untuk 2017."

Penguatan ketahanan pangan, lanjut dia, selaras dengan program Nawacita Presiden Joko Widodo. Karena itu, pemerintah pusat siap memberikan dukungan sarana prasarana untuk mensukseskan ketahanan pangan tersebut. (RO/*/N).

Berita Terbaru