Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kader Konservasi Menanam Pohon Endemik Kalimantan

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 27 November 2016 - 19:01 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan bun -- Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melakukan penanaman sebanyak 1000 bibit pohon di bekas Tempat Pembuangan Akhir (TPA), Desa Pasir Panjang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Minggu (27/11/2016).

Kegiatan penanaman seribu bibit pohon di eks TPA yang bakal diproyeksikan menjadi hutan kota tersebut melibatkan sebanyak 150 kader konservasi yang terdiri dari berbagai Komunitas seperti  Non Government Organisation (NGO) dan Siswa Pencinta Alam (Sispala) dari berbagai sekolah di Kabupaten Kobar dan kegiatan tersebut dilaksanakan sekaligus memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia dan Menanam Nasional 2016, 

Jenis pohon yang ditanamkali ini adalah pohon endemik Kalimantan yang kini sudah mulai langka. 

Diantaranya pohon Pulai, Balangeran, Amang, Jinjit, Pelawan, Idur, Mentawa, Halaban, Meranti Merah. Ada pula pohon-pohon seperti Rambutan, Sengon, Jengkol, Ketapang, Angsana, Bungur dan pohon Mahoni.  

Kepala BKSDA Kalten, Nandang Prihadi mengatakan, suatu momentum yang sangat bagus dan baik dimana generasi muda terlibat dalam upaya konservasi lingkungan. Ia mengharapkan generasi muda konservasi lingkungan ini bisa menyebarkan kepada yang lain untuk sama peduli terhadap lingkungan.

Ia juga mengatakan, setelah penanaman ini para kader tidak akan berhenti sebatas sampai di penanaman saja. Namun setelah itu, para kader akan melakukan semacam pemeliharaan dan pendataan, untuk setiap bulannya memonitoring perkembangan pohon yang ditanamnya.

"Jadi semacam latihan lab botani mereka, teorinya disekolah, praktiknya disini," tutur Nandang. 

Penanaman pohon ini diikusi oleh belasan NGO yang berasal dari Kotawaringin Barat dan satu dari Seruyan. Hadir juga dalam kegiatan penanaman 1000 bibit pohon Kepala BKSDA Kalimantan Tengah (Kalteng), Kepala Balai Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP), Kepala BLH Kobar, Head Of Media Borneonews, Yohanes Widada serta perwakilan dari Dinas Kehutanan. (KOKO/*)

Berita Terbaru