Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Faktor Ini akan 'Goyang' Harga Minyak Sawit Hari Ini

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 30 Desember 2016 - 10:45 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Memasuki hari terakhir perdagangan sebelum libur tutup tahun, sepertinya pelaku pasar mulai menjauhi pasar untuk berlibur, sehingga diperkirakan harga minyak sawit Jumat ini (30/12/2016) akan bergerak terbatas cenderung melemah.

Tekanan diestimasi akan dialami harga minyak sawit akhir pekan ini setelah pada sesi sebelumnya berakhir melemah akibat aksi ambil untung menyusul penguatan pada beberapa sesi sebelumnya. "Ini akan menjadi salah satu faktor yang akan dipertimbangkan para pelaku pasar hari ini," kata pelaku pasar seperti dikutip Reuters.

Pelemahan harga minyak nabati pesaing minyak sawit di pasar global, khususnya di Tiongkok, juga akan menjadi faktor yang dapat menentukan pergerakan harga minyak sawit.

Futures gandum AS menguat sekitar 1 persen, Kamis, ditopang oleh melemahnya dola AS, akan membuat harga biji-bijian AS lebih menarik bagi pemegang mata uang selain dolar. Kondisi ini diharapkan dapat mengangkat harga komoditas pangan lain, termasuk minyak sawit dan nabati lain. 

Pelemahan harga minyak mentah dunia di tengah meningkatnya cadangan minyak mentah AS, juga akan mempengaruhi pergerakan harga komoditas dunia. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru