Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Budaya Betung Belum Siap Layani Wisatawan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 04 Januari 2017 - 10:34 WIB

BORNEONEWS, Katingan - Dusun Betung, di Desa Tumbang Liting, Kecamatan Katingan Hilir, yang sudah ditetapkan menjadi desa budaya di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, sampai saat ini belum siap untuk melayani wisatawan. Pasalnya, sarana dan prasarananya tidak memadai. Di Dusun Betung ada 36 rumah yang semuanya konstruksi kayu dengan 45 kk dan 107 jiwa.

"Kenapa saya mengatakan bahwa desa budaya Betung ini belum siap, sebab kita melihat karena sarana dan prasarananya belum siap," tutur Kepala Desa Tumbang Liting, Didi kepada Borneonews di Kasongan, Rabu (4/1/2017).

Didi mengatakan pihaknya dan warga setempat mendukung program dari pemerintah daerah menetapkan Dusun Betung yang masuk wilayah Desa Tumbang Liting Kecamatan Katingan Hilir itu. "Kita mendukung Dusun Betung menjadi desa budaya, tapi sekarang apa yang kita lihat belum siap dari segi bangunan pendukungnya, termausk insfrastruktur seperti jalan maupun jembatan titian."

Untuk itu ia berharap kepada pemerintah daerah agar memacu pembanguna Dusun Betung. "Jangan nanti ada komentar dari wisatawan ternyata Dusun Betung yang menjadi desa budaya kenapa kok seperti itu, belum ada sarana dan prasaranya layaknya desa budaya."

Pada musim liburan Natal 25 Desember 2016 dan tahun baru 1 Januari 2017, kata Didi cukup banyak warga terutama dari luar daerah yang berwisata ke Desa Budaya Betung ini. Sebab pintu gapura di tepi Jalan Trans Kalimantan, ada tulisan selamat datang di Desa Budaya Betung. Tapi setelah masuk ke dalam ternyata belum ada apa-apanya.

"Kemarin saat libur tahun baru pengunjung yang datang juga ada dari Pangkalan Bun. Tapi ya itu tadi desa budaya yang ada belum siap, kalau sudah siap tentu ada penarikan retribusi segala nantinya sehingga ada pendapatan daerah dari desa budaya itu," imbuh Didi.

Didi menggambarkan, sarana dan prasarana dimaksud yang dinilai belum siap, itu diantaranya perlu adanya rehab rumah penduduk menyesuaikan budaya Dayak atau rumah betang. Kemudian perlu ada penambahan panjang jembatan titiap yang menyisir Sungai Betung. Kemudian perlunya sarana sanitasi dan lainnya. (ABDUL GOFUR/N).

Berita Terbaru