Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tiap Paslon akan Mendapat 4 Pertanyaan di Debat Terbuka

  • Oleh Raden Aryo Wicaksono
  • 06 Januari 2017 - 23:04 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam sesi pertama debat terbuka antarpasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Kotawaringin Barat (Kobar), tiap paslon akan mendapat 4 pertanyaan. Pertanyaan itu berasal dari moderator, maupun dari paslon lain yang sudah ditentukan.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut umumnya merujuk pada visi-misi program kerja masing-masing paslon. Sesuai rangkaian susunan kegiatan yang disiapkan panitia, pertanyaan-pertanyaan tersebut akan didapat para paslon di segmen kedua hingga kelima.

Pertanyaan pertama adalah pertanyaan acak, cabutan yang disiapkan oleh panita. Pencabutan secara acak tersebut akan dilakukan oleh masing-masing paslon, dan dibacakan oleh moderator pemandu di segmen kedua debat. Di segmen kedua, tiap paslon akan diberi waktu dua menit untuk menyampaikan jawaban dari pertanyaan cabutan itu.

Di segmen ketiga, paslon akan mendapat satu pertanyaan yang sama dari moderator. Jawaban pertanyaan moderator tersebut disampaikan para paslon, sesuai visi-misi program masing-masing. Penyampaian jawaban pertanyaan itu juga dibatasi waktunya, yakni hanya150 detik atau 2 menit 30 detik.

Pertanyaan berikutnya, disampaikan oleh satu paslon kepada paslon lainnya di segmen empat. Di segmen ini tiap calon tidak dapat saling lempar pertanyaan. Dalam segmen ini, durasi waktu penyampaian pertanyaan dibatasi hanya satu menit. Sedangkan penyampaian jawaban, 2 menit 30 detik.

Sesuai ketentuan yang disiapkan panitia, paslon nomor urut 1 bertanya kepada paslon nomor urut 2, paslon nomor urut 2 bertanya kepada paslon nomor urut 3, paslon nomor urut 3 bertanya kepada paslon nomor urut 4, paslon nomor urut 4 bertanya kepada paslon nomor urut 5, paslon nomor urut 5 bertanya kepada paslon nomor urut 1.

Sama seperti segmen sebelumnya, pertanyaan terakhir di segmen ke-5 juga akan disampaikan antarpaslon. Waktu penyampaian pertanyaan dan jawaban juga sama. Hanya, ketentuan urutannya saja yang berbeda. Yakni, Paslon nomor urut 5 bertanya kepada paslon nomor urut 4, paslon nomor urut 4 bertanya kepada paslon nomor urut 3, paslon nomor urut 3 bertanya kepada paslon nomor urut 2, paslon nomor urut 2 bertanya kepada paslon nomor urut 1 dan terakhir paslon nomor urut 1 bertanya kepada Paslon nomor urut 5. (RADEN ARIYO/B-10)

Berita Terbaru