Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BBI Berupaya Kembangkan Bibit Ikan Baung

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 09 Januari 2017 - 09:22 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Balai Benih Ikan Kotawaringin Barat (BBI Kobar) berupaya mengembangkan bibit ikan baung yang merupakan jenis endemik Sungai Arut.

Menurut salah seorang penyuluh perikanan Kobar, Tyas Susilo, pihaknya berupaya mengakomodasi kesulitan para petani keramba mendapatkan ikan baung dengan melakukan pemijahan di BBI.

Hal itu bisa dilakukan karena sarana dan prasarana pendukung di BBI sudah memadai. "Akan saya koordinasikan dengan teman-teman di BBI, saya pikir bisa saja kita kembangkan pembibitan di sana," kata Tyas, Senin (9/1/2017).

Ia menegaskan, dengan melihat animo masyarakat yang besar terhadap budidaya ikan endemik merupakan hal yang positif dan perlu mendapat dukungan. Selain itu ia juga melihat bahwa nilai ekonomis ikan endemik seperti Baung cukup menjanjikan dan dengan budidaya ikan ini harapannya permintaan pasar terhadap Baung bisa lebih berkelanjutan.

"Kalau Pembudidaya Kesulitan mendapatkan bibit ya perlu dilakukan pembibitan sehingga formulasi teknologi budidayanya dapat dilakukan lebih baik dan menguntungkan," ujar Tyas. (KOKO SULISTYO/B-2)

Berita Terbaru