Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pasien Rumah Sakit Sultan Imanuddin Membeludak

  • 09 Januari 2017 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Imanuddin (RSSI) Pangkalan Bun membludak. "Banyak pasien dengan penyakit ringan larinya ke Rumah Sakit, padahal pengobatannya cukup dilakukan di Puskesmas," ujar Direktur RSSI Pangkalan Bun, Suyuti Syamsul, Senin (9/1/2017).

Menurut Suyuti, pasien harus disaring sesuai dengan tingkat penyakitnya. "Percuma setiap tahun kita bangun ruang rawat inap baru di rumah sakit jika jenjang pengobatan tidak berjalan," sebut Suyuti.

Ia melanjutkan, sudah saatnya memperkuat Puskesmas sehingga bisa menjadi penjaga gawang dan tidak main rujuk ke rumah sakit. Suyuti mengimbau kepada para pasien bila mengalami sakit untuk tidak langsung ke rumah sakit.

"Diusahakan pasien yang sakit itu melakukan perawatan di tingkat yang paling bawah terlebih dahulu," pintanya.

Seharusnya, terang Suyuti, pasien yang mengalami sakit untuk berobat ke Puskesmas atau klinik terlebih dahulu. Jika tidak memungkinkan barulah dibawa ke rumah sakit.

Selain itu, terkait banyaknya keluhan para dokter dan perawat terkait adanya sejumlah pasien yang mendikte kebijakan dokter, agar warga mematuhi prosedur dan mengubah pola pikir seperti itu.

Saat dibincangi Borneonews, salah satu perawat di RSSI Pangkalan Bun yang enggan dipublikasikan namanya mengungkapkan, setiap hari antrean ruang VIP mencapai 15 hingga 20 pasien.

"Ruang VIP tidak pernah kosong, ada puluhan pasien mengantre setiap harinya, belum lagi yang di ruang lain," ungkapnya. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-2)

Berita Terbaru