Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lamandau Laksanakan Seleksi Terbuka Calon Kadis Februari Mendatang

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 09 Januari 2017 - 15:58 WIB

BORNEONEWS Nanga Bulik - Sejumlah kursi jabatan kepala Satuan Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Lamandau saat ini masih lowong dan hanya dipimpin oleh seorang pejabat Pelaksana Tugas (Plt). Menanggapi hal tersebut bupati setempat Marukan menargetkan pada Februari mendatang akan melaksanakan seleksi terbuka calon kepala dinas/badan.

"Kalau bagi saya lebih cepat tentu akan lebih baik. Untuk rencana, kita targetkan pada Februari mendatang proses seleksi sudah dilaksanakan, karena jika pelaksanaannya lebih cepat maka tentu akan membantu jalannya kinerja pemerintahan di Lamandau," ungkap Bupati Lamandau Ir Marukan,  Senin (9/1/2017).

Namun, imbuh Marukan, pelaksanaan seleksi terbuka memang tidak semudah dan secepat membalikan telapak tangan karena ada sejumlah prosedur yang harus diikuti termasuk membentuk panitia seleksi (Pansel).

"Kalau ditanya keinginan, tentu kita maunya cepat, tapi kan prosesnya harus bertahap, mulai dari membentuk pansel independen yang melibatkan pihak provinsi, akademisi dan lainnya. Itu perlu waktu. Apalagi sekarang semua daerah pasti banyak yang mengajukan, karena harus menyesuaikan aturan OPD baru," katanya.

Dalam kesempatan itu Marukan juga menyarankan kepada  sejumlah pejabat yang dinilai layak agar mengikuti seleksi terbuka tersebut. Apalagi, seleksi  sangatlah positif, karena merupakan promosi bagi jenjang karir aparatur sipil negara (ASN).

"Ada beberapa (pejabat) yang nanti saya usulkan untuk ikut, karena kesempatan ini baik buat jenjang karir. Tapi saya pastikan nanti prosesnya independen, murni seleksi terbuka yang transparan," tandasnya.

Seiring dilakukan perombakan kabinet pada 28 Desember 2016 lalu ada 11 SKPD di Lamandau yang masih dipimpin  Plt, yang mayoritasnya merangkap jabatan sebagai sekretaris di instansi  terkait. (HENDY NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru