Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Siapkan RSB di Tiap Kecamatan

  • Oleh Nazir Amin
  • 10 Januari 2017 - 08:30 WIB

BORNEONEWS,Sukamara - Pemerintah Kabupaten Sukamara menyiapkan Rumah Singgah Bersalin di tiap kecamatan, melalui Dinas Kesehatan. Tujuannya, menekan angka kematian ibu dan bayi serta memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat saat persalinan.Fasilitas ini hendaknya bisa dimanfaatkan masyarakat.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas)  Dinkes Sukamara, Amir Sapiyudin mengatakan melalui RSB yang sudah disiapkan di setiap kecamatan masyarakat yang akan mendapatkan pertolongan persalinan sudah bisa memanfaatkannya sebelum dan sesudah persalinan. Karena  lokasi RSB ini berdekatan dengan fasilitas Puskesmas maka pelayanan akan diberikan dengan maksimal.

'Jadi masyarakat yang akan mendapatkan pertolongan persalinan sudah dapat menunggu di RSB saat mendekati masa kelahiran, dan ini memang sudah sesuai dengan aturan kesehatan,' kata Amir, pada Senin (09/01)

Sementara ketika disinggung untuk penetapan lokasi RSB yang disediakan untuk masyarakat, Amir menuturkan bahwa rumah singgah bersalin disiapkan harus berlokasi tidak terlalu jauh dengan Puskesmas agar pelayanan bagi masyarakat bisa lebih maksimal atau pelayanan setara dengan yang ada di Puskesmas.

'Misalkan masyarakat dari desa-desa yang sudah memasuki hari persalinan sudah bisa menunggu dirumah singgah terserbut, di situ mereka bisa melakukan aktifitas atau memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti memasak dan lainnya namun tetap dibawah pemantauan tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas,' ujar Amir Sapiyudin.(FAHRI/N).

Berita Terbaru