Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pramuka Dijadikan Wahana Membentuk Karakter Pemuda Mandiri

  • Oleh H Laily Mansyur
  • 10 Januari 2017 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Pramuka atau Praja Muda Karana merupakan tempat untuk menempa dan membentuk karakter generasi muda yang tangguh dan mandiri.

Oleh sebab itu, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Barito Selatan Dekma menyebar surat kepada seluruh gugus depan (gudep) perihal imbauan agar terus aktif melaksanakan kegiatan kepramukaan, baik di sekolah maupun di lembaga pendidikan lainnya.

"Harapan kita tidak lain, untuk membentuk karakter generasi muda kita yang tangguh dan mandiri," ujar Dekma.

Ia mengatakan, melalui kegiatan pramuka, generasi muda akan memiliki kesibukan positif. Dengan begitu, mereka bakal menghindari keterlibatannya dalam pergaulan negatif dan penyalahgunaan narkoba.

"Yang saya khawatirkan, saat ini anak muda dan para pelajar merupakan sasaran empuk bagi bandar dan para pengguna narkoba," ucapnya.

Di tempat terpisah, pembina Pramuka Saka Bhayangkara Polres Barito Selatan Aiptu Rudy Rusanto, menyatakan bahwa dirinya menyambut baik upaya yang dilakukan ketua Kwarcab Barsel. Menurut dia, imbauan yang dikeluarkan ketua Kwarcab merupakan salah satu cara agar pramuka di Barsel tetap eksis berkarya.

Ia juga menuturkan bahwa baru baru-baru ini Saka Bhayangkara Polres Barito Selatan menggelar kegiatan hiking yang bertema Scouting Challenge Expedition Session I Ring of Forest Road to Village. Rutenya ialah dari Desa Sababilah, Pamangka, Tetei Lanan, Dangka, Telang Andrau, Wungkur Baru, Sanggu, dan kembali lagi ke Sababilah.

'Semua kegiatan itu untuk melatih mental, kepribadian, disiplin, rasa tanggung jawab, kebersamaan, dan kekompakan, serta menumbuhkan jiwa korsa,' sebut Rudy. (HLY/B-3)

Berita Terbaru