Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Aparat Desa Diminta Bersinergi dengan BPN Sukseskan Program Desa Lengkap

  • 10 Januari 2017 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Peran aktif aparat desa sangat penting dalam penyelenggaraan Program Desa Lengkap bagi masyarakat agar dalam membuat sertifikat tanah oleh Badan Pertahanan Nasional (BPN) bisa maksimal.

Menurut Kepala BPN Kabupaten Kapuas Kahar Pranoto, pada  2017 ini sesuai informasi BPN Pusat bahwa seluruh BPN kabupaten/kota harus menindaklanjuti dan mendaftarkan Program Desa Lengkap minamal satu desa percontohan. "Kita targetkan percontohan di 2017 ini untuk Program Desa Lengkap," kata Kahar Pranoto, Selasa (10/1/2017).

Program Desa Lengkap, kata Kahar, bertujuan agar kepemilikan tanah jelas statusnya. "Nanti di suatu desa akan dapat diketahui kepemilikian tanahnya, dan tidak ada tanah yang tidak ada pemiliknya. Kalau pun tanah itu nanti tidak ada kepemilikinnya, maka tanah tersebut statusnya adalah tanah milik negara," ia mencontohkan.

Karena itu, imbuh  Kahar, untuk menyukseskan program tersebut kepala desa dan perangkatnya diminta bersinergis dengan BPN. Jangan sampai nanti saat petugas  ke lapangan tidak ada masyarakat yang tidak tahu tentang Program Desa Lengkap. 

"Saya minta kepala desa dan perangkatnya bisa bersinergis dengan petugas BPN menjakankan Program Desa Lengkap, nantinya tindakan di lapangan warga sudah mempersiapkan segala administrasi kelengkapan," harapnya.

Kahar menuturkan, berdasarkan hasil rapat BPN ada tiga  pilihan percontohan desa lengkap, salah satunya adalah Desa Sei Jangkit, Kecamatan Bataguh. Dari tiga desa tersebut nanti kita lihat mana yang lebih dominan untuk menyikapi program ini, dan bagaimana tingkat partisipasi dari Kades dan perangkatnya. (DJIMMY NAPOLEON/B-5)

Berita Terbaru