Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sukamara Bebas DBD, Apa Resepnya

  • Oleh Norhasanah
  • 17 Januari 2017 - 14:22 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Upaya antisipasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Sukamara dalam menanggulangi penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) berhasil, terbukti sepanjang tahun 2016 hingga saat ini belum ada masyarakat di sana yang terserang penyakit akibat gigitan nyamuk aedes aegypti itu.

'Hingga saat ini masih nihil, kita belum pernah menerima laporan adanya warga yang terserang,' kata Kepala Bidang Pengendalain Masalah Kesehatan (PMK) Dinkes Sukamara Ahmad Darsoni, Selasa (17/1/2017).

Menurut Darson, tingginya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan saat ini mampu mencegah munculnya serangan DBD, terlebih tim Juru Pantau Jentik (Jumantik) rutin melakukan pemeriksaan terhadap lokasi-lokasi yang dianggap rawan berkembang biaknya nyamuk pembawa virus dengue.

'Petugas jumantik itu adalah petugas terlatih, sehingga saat bertugas mereka bisa memberikan informasi yang akurat kepada dinas,' ujarnya.

Dengan tingginya curah hujan yang melanda Kabupaten Sukamara, maka petugas Jumantik diwajibkan memberikan laporan sebanyak 2 kali dalam sebulan dengan tujuan agar informasi dilapangan bisa segera diterima pihak dinas.

'Dengan cepatnya informasi yang didapat, maka akan lebih baik. Selain itu apabila terjadi adanya serangan DBD kita bisa lebih cepat melakukan penangan,' ucap dia. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru