Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Selalu Perjuangkan Aspirasi Rakyat

  • Oleh Testi Priscilla
  • 17 Januari 2017 - 16:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dewan memang selalu memperjuangkan aspirasi rakyat. Pasalnya, bagi DPRD, aspirasi berasal dari suara masyarakat. Hal ini diungkapkannya Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit Karyawan Yunianto saat dihubungi Borneonews, Selasa (17/1/2017).

Pernyataan Sigit ini menanggapi anggapan miring beberapa oknum tentang kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbang) yang sedang dilaksanakan pada tingkat Kelurahan di kawasan Kota Palangka Raya ini.

"Setiap anggota DPRD saat ini berupaya mengikuti musrenbang berdasarkan daerah pemilihan masing-masing, yang selanjutnya dipadukan dengan hasil reses yang dilakukan. Kemudian setiap aspirasi tentu diparipurnakan dan disampaikan kepada Pemkot Palangka Raya sebagai pertimbangkan untuk diakomodir," jelas Sigit, Selasa (17/1/2017).

Meski begitu Sigit mengakui bahwa memang untuk hasil reses pun, banyak yang tidak terakomodir meskipun sudah diusulkan kepada pihak Pemkot.

"Tentu alasan kruasial selama ini adalah soal ketersediaan dan keterbatasan anggaran yang ada. Selama ini beberapa langkah juga sudah dilakukan DPRD kota, supaya aspirasi masyarakat tersebut bisa dijalankan. Di antaranya sudah melakukan evaluasi membahas program dewan untuk tahun 2017, termasuk mengumpulkan hasil reses supaya aspirasi masyarakat itu bisa diusulkan sejalan dengan aspirasi dalam musrenbang," pungkasnya.

Ia melanjutkan selama ini pihak eksekutif lebih banyak mengambil langkah skala usulan prioritas untuk masuk dalam APBD. Bisa jadi, lanjutnya, usulan yang sebelumnya belum terakomodir maka diupayakan lagi terakomodir di tahun anggaran baru.

"Kita memang tetap berharap semua aspirasi dapat berjalan dengan baik. Sebab terpenuhinya setiap usulan tentu akan membantu masyarakat dan untuk percepatan pembangunan Kota Palangka Raya itu sendiri," bebernya. (TESTI PRISCILLA/B-8)

Berita Terbaru