Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disperindag Sarankan Masyarakat Tanam Cabai Ketimbang Beli

  • Oleh Testi Priscilla
  • 18 Januari 2017 - 16:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Palangka Raya Aratuni D Djaban menyarankan masyarakat untuk menanam cabai ketimbang membeli. Hal ini lantaran cabai sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat yang nyatanya selalu menjadi penyumbang inflasi daerah.

"Cabai ini kan setiap hari kita konsumsi, jadi sudah menjadi kebutuhan pokok. Nah berbeda dengan beras yang harus ditanam di tanah dengan jenis tertentu dan pengolahannya yang lama, cabai ini tinggal tanam dan bisa dipanen berkali-kali. Kita juga tidak memerlukan lahan yanh luas untuk menanamnya, cukup di polibag. Karenanya saya minta ini, saya minta, ayolah masyarakat menanam masing-masing di pekarangan rumahnya daripada membeli," ungkap Aratuni D Djaban saat ditemui Borneonews di ruang kerjanya, Rabu (18/1/2017).

Mantan Kepala BPMP2AKB ini mengatakan bahwa jika masyarakat masing-masing memiliki pohon cabai di rumah, tidak usah banyak, 3 pohon saja, makan saat harga cabai naik masyarakat dapat mengurangi pengeluaran karena tidak perlu membeli cabai.

"Kalau memang hobi sekali dengan cabai ya tanamlah sepuluh pohon, cabai tidak akan merusak pemandangan kok, malah seperti bunga tapi bermanfaat," ungkap dia

Menurutnya, jika seluruh pekarangan warga Palangka Raya ditanami cabai maka kenaikan inflasi akibat melonjaknya sayuran pedas tersebut akan dapat ditekan. Menanam cabai dikatakannya merupakan upaya mandiri dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga terutama untuk keperluan dapur.(TESTI PRISCILLA/B-8)

Berita Terbaru