Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Nanga Bulik Mulai Rasakan Kabut Asap Tipis di Malam Hari

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 19 Januari 2017 - 15:05 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Masyarakat di kota Nanga Bulik, Lamandau, dalam beberapa hari terakhir mulai merasakan adanya kabut asap yang cukup mengganggu pernapasan, khususnya saat malam tiba.

"Kabut asap cukup menyengat layaknya musim bencana kabut asap. Biasanya sangat terasa itu mulai petang hingga malam sekitar pukul 23.00 WIB, meskipun cenderung masih tipis, tapi baunya persis seperti saat musim kabut asap karena kebakaran hutan dan lahan, beberapa waktu lalu," ujar Aji (31), warga Jalan Batu Batanggui RT 04, Nanga Bulik, Kamis (19/1/2017).

Aji yang juga merupakan salahsatu pegawai di pemkab Lamandau itu, mengaku bahwa kabut asap tipis tersebut sangat dapat dirasakan jika posisinya berada di sekitar perkantoran Bukit Hibul.

"Mungkin karena wilayahnya masuk dataran yang cenderung lebih tinggi ya, jadi asapnya sangat terasa dibanding di wilayah lain, kabut dan baunya sangat khas asap karhutla, meskipun memang (kabutnya) masih tipis," ujarnya.

Senada dengan Okta (21), warga Nanga Bulik lainnya tersebut, juga merasakan hal serupa. Dirinya mengeluhkan kedua matanya mendadak terasa cukup perih saat berada di sekitaran perkantoran, utamanya di malam hari.

"Coba pakai motor lewat sana (perkantoran), pasti terasa (kabut asap)," ujarnya.

Tak berbeda dengan Nuswantara, salahseorang warga Nanga Bulik itu, pada Rabu (18/1/2017) di akun facebook miliknya sempat mengeluhkan adanya bau asap khas karhutla. Dirinyapun diketahui bertempat tinggal di sekitaran perkantoran.

"Dari aromanya, kelihatannya malam ini telah terjadi karhutla ya..," tulisnya sikitar pukul 23.17 WIB.

Statusnya itu bahkan dibalas oleh teman facebook-nya, "oh iya, dari tadai mikir-mikir, ni bau sepertinya pernah femiliar tapi gak nemu, sekarang baru 'ngeh' (ingat asap karhutla) Mas,," saut akun bernama Ika Budi, itu. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru