Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Prof. Widodo Harapkan Guru dapat Tingkatkan Mutu Pendidikan

  • Oleh Rian Nafarin Luffi
  • 20 Januari 2017 - 07:12 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Profesor Widodo, Guru Besar Universitas Gajah Mada menjadi narasumber di seminar PGRI, yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Sampit, Kamis (19/1/2017). Guru Besar Matematika ini mengharapkan guru-guru dapat meningkatkan mutu pendidikan di Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Guru harus terus meningkatkan kompetensinya, meski usaha itu sering terkendala ruang, waktu, kesempatan, biaya, dan tenaga ahli.

"Seorang guru yang ideal seharusnya terdidik dengan baik, terlatih dengan baik, mendapat penghargaan yang baik, terlindungi dengan baik, dan terkelola dengan baik," ujar Widodo dalam paparannya.

Menurut Prof. Widodo, dalam peraturan menteri, mengharuskan guru untuk tidak hanya mendidik dan mengajar namun juga melakukan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Untuk mendukung PKB, guru serta wahana sharing pengalaman dan pengetahuan semua pemangku kepentingan pendidikan, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) melakukan gebrakan yang sangat luar biasa dengan mengadakan Seminar pendidikan.

"Semoga dengan seminar ini bisa membantu dan memberikan masukan baik untuk para guru," ungkap dia.

Dalam materinya, Prof. Widodo mengungkapkan, bahwa pemanfaatan media dalam pembelajaran Matematika perlu untuk dikembangkan. Hal ini karena saat ini Matematika telah menjadi kebutuhan setiap orang. Sehingga perlu untuk mengembangkan inovasi yang mampu memberikan kesempatan tiap siswa, bahkan masyarakat untuk menggunakan Matematika sebagai main tools dalam kehidupan keseharian. Termasuk pemanfaatan kalkulator yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Karena, komputer dinilai kurang praktis dalam mobilitasnya.

"Penggunaan kalkulator juga perlu diajarkan secara tepat dan benar. Sehingga penggunaan formula yang rumit pun dapat dibantu dengan tepat, tidak hanya menggunakan aplikasi pengolah worksheet yang membutuhkan komputer yang memiliki kemampuan tinggi," tutur dia. (RIAN NAFARIN/N).

Berita Terbaru