Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kader UKK Kumai Semangat meski Minim Personel

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 20 Januari 2017 - 16:04 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kader Upaya Kesehatan Kerja (UKK) yang berada di bawah binaan Puskesmas Kumai, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, tetap semangat menjalankan tugas.

Meski minim personel, kinerja para kader mulai membuahkan hasil. Terbukti, walau tidak signifikan di perkampungan nelayan, secara perlahan sudah terbentuk pola penataan penyakit, terutama penyakit kronis.

Kepala Puskesmas Kumai, Abimayu mencontohkan, pekerja yang mempunyai penyakit jantung, darah tinggi dan kencing manis sudah secara teratur melakukan kontrol terhadap penyakitnya.

Selain memberikan pelayanan kesehatan kepada para nelayan, Kader UKK juga memberikan penyuluhan dengan memberikan penyadaran terhadap alat pelindung diri pada saat menangkap ikan. APK tersebut bisa berupa pelampung dan baju panjang serta topi.

" Untuk penatalaksanaan penyakit sudah terlihat ada perubahan walau tidak signifikan, tetapi penggunaan APK masih minim," terang Abimayu, Jumat (20/1/2017).

Selain kendala mengubah perilaku masyarakat, ada kendala lain yang dihadapi yaitu dalam merekrut kader UKK. Saat ini di tiap pos UKK hanya ada dua hingga tiga kader yang melayani masyarakat dengan jumlah anggota UKK mencapai 40 orang.

UKK yang berfungsi membantu, mengawasi dan mempermudah pelayanan di pos UKK harusnya mempunyai kemampuan untuk mengadvokasi masyarakat untuk mengubah perilaku dan mempunyai kemampuan mengobati penyakit ringan.

"Kita kesulitan merekrut kader UKK karena keterbatasan kemampuan," beber Abimayu. (KOKO SULISTYO/B-2)

Berita Terbaru