Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Alhamdulillah, Kategori Tenaga Non Administratif tidak Pakai Tes Tulis

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 26 Januari 2017 - 12:23 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pelamar tenaga kontrak yang di luar kategori tenaga administratif mungkin bisa bernafas lega. Pasalnya, mereka tidak lagi harus melewati tes tertulis. Tahapan tes tertulis hanya diperuntukkan bagi yang pelamar tenaga administratif di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng).

"Mereka dilakukan wawancara saja, mengenai bidang tugas mereka. Misalnya tukang kebun pengawas kolam, satpam, tenaga kebersihan atau cleaning service kantor, dan sebagainya," terang seorang petugas tes kepada Borneonews di lokasi tes, Kamis (26/1/2017)

Ia melanjutkan calon tenaga kontrak non administratif hanya diberlakukan tes wawancara karena kategori tersebut tidak berkaitan dengan pekerjaan administratif. Mereka hanya melewati seleksi berkas dan wawancara terkait sikap, kedisiplinan, dan beberapa hal mengenai bidang terkait pekerjaan mereka.

"Ada delapan kategori terkait yang tidak melakukan tes tulis ini. Mereka adalah Sopir sebanyak 81 orang, Satpam 175 orang, Tenaga kebersihan 388 orang, Pramusaji 19 orang, Pengawas kolam 6 orang, Penata wisma 4 orang, petugas Damkar 13 orang, dan Tenaga lapangan 166 orang," terang dia.

Sementara itu, Kepala BKD, Saidina Aliansyah saat dikonfirmasi terpisah mencontohkanmisalnya sopir, akan ditanya mana SIM-nya, pengalaman berapa tahu dan seterusnya. "Petugas kebersihan pun begitu. Kalau tenaga administratif ya tes tulis dan besok dilakukan praktik mengetik di depan komputer, minimal aplikasi word dan excel," terang dia. (M ROZIQIN/B-8)

Berita Terbaru