Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bendungan Danau Gatal Dibangun Tahun Ini untuk Cegah Kekeringan di Kotawaringin Lama

  • Oleh Raden Aryo Wicaksono
  • 26 Januari 2017 - 20:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah akan membangun bendungan air di Danau Gatal, Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Pembangunan pintu air bendungan Danau Gatal ini akan mulai dikerjakan tahun ini.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kobar, Agus Yuwono menjelaskan, pembangunan bendungan Danau Gatal, merupakan salah satu proyek besar di bidang infrastruktur, selain kelanjutan pembangunan jalan poros Pangkalan Bun - Kotawaringin Lama di Kobar tahun ini.

"Itu akan didanai APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara). Tapi, pembangunan bendungan Danau Gatal itu usulan kita. Dan perencanaannya juga dilakukan oleh kita. Hanya saja pelaksanaannya dilakukan oleh pusat. Selain Danau Gatal, pemerintah juga akan membangun embung di daerah Sungai Pulau Kecamatan Pangkalan Banteng," kata Agus Yuwono, Selasa (24/1/17).

Agus menjelaskan, bendungan Danau Gatal akan dibangun dengan panjang sekitar 2 kilometer. Bendungan tersebut nantinya akan dilengkapi dengan beberapa pintu air. Kegunaannya untuk mengendalikan keluar-masuknya air dari salah satu anak Sungai Lamandau yang terhubung dengan Danau Gatal.

"Kalau tidak kita buat bendungan. Saat kemarau, daerah itu akan mengalami kekeringan. Karena air yang ada di Danau Gatal mengalir ke luar ke Sungai Lamandau, saat sungai itu surut. Bendungan itu akan membentang sepanjang 2 kilometer. Dan pintu airnya akan dibuat di bendungan itu. Ada banyak pintu air nanti," bebernya.

Selain penyediaan air baku untuk masyarakat Kolam, bendungan Danau Gatal juga akan diarahkan menjadi objek pariwisata Kobar. Untuk itu, bersamaan dengan pembangunan bendungan, tahun ini pihaknya juga akan melakukan peningkatan pembangunan jalan di sekitar Danau Gatal. (RADEN ARIYO/B-10)

Berita Terbaru