Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rp5 Miliar untuk Pembangunan Tahap Satu Jembatan Gantung di Kelurahan Mambulau

  • 28 Januari 2017 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Proses pembangunan jembatan gantung di Kelurahan Mambulau, Kecamatan Kapuas Hilir dan Desa Sari Pulau, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, memasuki tahap satu. Untuk tahap satu ini, dana yang dianggarkan Pemkab Kapuas sebesar Rp5 miliar.

Setelah itu baru dianggaran lagi dana sebesar Rp10 miliar untuk pembangunan tahap dua.

"Rencana pada tahun ini kita akan membangun jembatan gantung di Kelurahan Mambulau yang menghubungkan dengan Desa Pulau Sari, berupa dua buah abutment serta tiang pancang," kata Kepala Bidang Bina Marga Dinas Perkerjaan Umum Pemukiman Kabupaten Kapuas, Teras, saat dihubungi via WhatsApp, Sabtu (27/1/2017).

Menurut dia, pembangunan jembatan gantung tersebut menjadi prioritas agar aktivitas masyarakat lebih lancar, terutama bagi pelajar dan pegawai.

Untuk mengantisipasi kendaraan roda empat agar tidak melintas di jembatan tersebut, maka lebar jembatan hanya sekitar 3 meter dengan panjang mencapai 60 meter.

"Agar jembatan tetap awet akan dibuat lebar hanya 3 meter dan panjang 60 meter. Ini supaya kendaran roda empat tidak melintas di jembatan itu. Tetapi kami masih memikirkan berapa ketinggian jembatan dari permukaan sungai," ungkapnya.

Ketinggian dari permukaan sungai perlu diperhitungkan supaya kejadian tertabraknya jembatan oleh kapal atau tongkang yang melintas tidak terulang kembali.

Selain itu, Teras meminta petugas dari Dinas Perhubungan mengawasi lalu lintas air di bawah jembatan.

"Kita minta kepada pihak Dinas Perhubungan agar melakukan pengawasan kepada setiap LCT yang melintas di bawah jembatan sehingga tidak mengakibatkan kerusakan jembatan lagi," pungkasnya. (DJIMMY NAPOLEON/B-3)

Berita Terbaru