Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peran TPA harus Dimaksimalkan untuk Meraih Adipura

  • 29 Januari 2017 - 19:52 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Peran Tempat Pembuangan Akhir(TPA) harus dimaksimalkan agar Kebupaten Kapuas bisa meraih Piala Adipura. Selain itu, TPA juga harus bisa menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). Yakni dengan cara pengelolaan limbah plastik dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat bagaimana pola hidup bersih.

"Ke depan kita akan memanfaatkan sampah di TPA ini menjadi penghasilan daerah serta mendongkrak nilai Adipura," kata Kabid Pertamanan dan Persampahan Dinas PU Kapuas, Isnaini kepada Borneonews, Minggu (29/1/2017).

Ia melanjutkan rencana ke depan akan dilakukan sinkronisasi program dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup, Bank Sampah dan di TPA ini sebagai wadah untuk melakukan program pemanfaatan limbah plastik dan pupuk kompos.

"Tahun ini target kita Piala Adipura. Nilai akan kita angkat dengan peningkatan nilai di TPA. Nanti ke depan pengelolaan sampah di sini bekerja sama dengan pemulung dan semua proses baik pemilahan dan penyingkiran sampah disini dan kita bayar langsung ke pemulung," ungkap dia.

Isnaini berharap dukungan masyarakat dalam menjaga kebersihan kota untuk pencapaian adipura untuk itu akan di maksimalkan TPA dengan pembangunan taman,serta penghijauan agar terlihat asri.

"Kita akan mengubah TPA menjadi kawasan yang bersih hijau dan asri,sehingga bisa dijadikan tempat study banding," pungkasnya. (DJIMMY NAPOLEON/B-8)

Berita Terbaru