Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tanah Kas Desa Sungai Sekonyer Dijadikan Kebun Pisang

  • Oleh Raden Aryo Wicaksono
  • 02 Februari 2017 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Tanah kas desa (TKD) Sungai Sekonyer akan dijadikan kebun pisang. Upaya itu untuk memaksimalkan aset desa sehingga mendatangkan pendapatan asli desa (PAD).

Sekretaris Desa Sungai Sekonyer, Taufik menjelaskan, desanya masih memiliki puluhan hektare TKD yang belum tergarap. TKD tersebut terletak di tiga lokasi yang berbeda. Rencananya, TKD dimaksud akan diarahkan untuk pengembangan tanaman pangan. Yakni untuk perkebunan buah pisang.

"TKD kita awalnya ada empat. Tapi yang satunya sudah kita serahkan untuk pembangunan SMP Satap. Jadi sekarang tersisa tiga. Kalau ditotal, puluhan hektarelah. Rencananya mau kita jadikan kebun pisang," kata Taufik, Selasa (31/1/2017).

Pengembangan perkebunan buah pisang di TKD Sungai Sekonyer ini cukup logis. Karena, menurut Taufik, hasil perkebunan buah pisang itu dapat dikonversi menjadi rupiah dan bisa memberi pemasukan untuk desa. Hasil kebun pisang nantinya akan dikerjasamakan dengan pihak pengelola Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP), sebagai pakan Orangutan.

"Tapi kebun itu nantinya harus dipagari dengan kawat duri, karena di desa juga banyak sapi milik warga. Kalau hanya kayu, sapi-sapi itu pasti bisa masuk ke kebun pisang dan bisa dirusak sapi." (RADEN ARIYO/B-2)

Berita Terbaru