Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Barito Utara Miliki Sekitar 56 Destinasi Wisata

  • Oleh Ramadani
  • 03 Februari 2017 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Kabupaten Barito Utara memiliki banyak sumber daya alam yang berpotensi dijadikan objek wisata.

Berdasarkan data Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora), setidaknya ada 56 destinasi wisata di kabupaten berjuluk Bumi Iya Mulik Bengkang Turan ini. Di antaranya air terjun, danau, dan fanorama alam lainnya.

Kepala Bidang Pariwisata Annisa Cahyawati mewakili Kepala Disbudparpora Barito Utara Arbaidi, mengatakan bahwa untuk pengembangan destinasi wisata, pihaknya memilih dan memilah objek yang benar-benar memiliki pesona, sehingga dapat nikmati  pengunjung atau wisatawan.

Dikatakannya pula, dari sekitar 56 destinasi wisata yang terdata, ada beberapa yang masuk kategori unggulan. Sehingga mendapat perhatian khusus. Di antaranya Danau Terinsing, Buper, dan Air Terjun Jantur Doyan.

'Sejumlah objek wisata itu dipilih karena dari segi mobilitas atau akses pengunjung ke sana sudah terbuka dan layak. Artinya pengunjung yang ingin ke tempat wisata itu tidak sempat terlalu capai sebab jaraknya tidak terlalu jauh dari Kota Muara Teweh,' sebut dia.

Mantan Kabid Tatakota Dinas Pekerjaan Umum itu melanjutkan, terkait pembenahan fasilitas objek wisata tahun ini, lantaran kondisi keuangan SKPD yang sedang sulit, maka sampai dengan triwulan tiga 2017, masih belum dianggarkan.

'Mungkin dalam hal ini kita melihat kondisi keuangan diperubahan APBD 2017. Nantinya pelan-pelan akan kita diajukan untuk pembenahan sarana dan prasarana yang memang dibutuhkan. Misalnya seperti di Buper untuk penambahan ruang tempat ganti pakaian dan lainnya,' kata dia. (RAMADHANI/B-3)

Berita Terbaru