Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menu Olahan Jamur, Alternatif bagi Vegetarian

  • Oleh Testi Priscilla
  • 05 Februari 2017 - 18:58 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Mungkin belum banyak yang pernah mendengar adanya sate jamur, burger jamur, pentol jamur, nasi jamur atau olahan jamur lainnya. Namun penganan berbahan dasar jamur ini sangat direkomendasikan untuk dicoba. Untuk Anda yang vegetarian, jamur tiram juga bisa menjadi alternatif.

Pasalnya tenyata banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi jamur, terutama jamur tiram. Beberapa manfaat yang sudah terbukti antara lain dapat menurunkan berat badan karena mengandung sekitar 80-90 persen air dengan kandungan kalori rendah.

Selain itu, jamur juga mengandung sangat sedikit sodium dan lemak, dan 8-10 persen dari komponen kering jamur adalah serat. Nah, jadi untuk yang sedang mengikuti program pengontrolan berat badan atau diet untuk mengontrol hipertensi.

Menurut Herlina Rianty (30) pengusaha kuliner berbahan jamur, mengatakan pentingnya konsumsi jamur untuk kesehatan kita dan keluarga inilah yang memotivasi seorang Herlina untuk membuka usaha olahan serba jamur di Palangka Raya. Berbekal pengetahuan dari internet muncul ide untuk berkreasi dengan hidangan berbahan dasar jamur ini.

Berawal dari bisnis kecil-kecilan hanya melayani pesanan teman-teman dekatnya, kini Herlina sudah memiliki depot sendiri di Jalan Nyai Undang nomor 5 Palangka Raya yang dinamainya Depot Venus. "Yang paling dicari pelanggan sih sate jamurnya, tapi ada juga menu lain seperti burger jamur, jamur crispy, sop jamur, dan lainnya," kata di.

Herlina mengakui pekerjaan yang digeluti saat ini, jauh dari jurusan yang dipelajarinya di bangku perkuliahan. Namun Herlina berpendapat, pekerjaan apa saja bisa dilakoni asal halal dan berguna bagi orang lain.

"Buka usaha itu yang penting berani ya, jangan terlalu banyak mikir. Karena yang membuat banyak orang tidak jadi membuka usaha itu karena terlalu banyak berpikir. Harusnya dijalani saja dulu, resiko kan pasti ada, tapi banyak juga yang langsung berhasil kan" ucap wanita penyuka komik ini.

Herlina menjelaskan kisaran harga tiap porsi dari menu olahan jamur di depotnya hanya berkisar Rp7-20 ribu. Harga ini tentu jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan manfaat yang akan didapatkan dari jamur. "Jika ingin diantar langsung ke rumah kami bisa delivery dengan menghubungi akun facebook saya Herlina Rianty atau instagram Depot Venus Mushroom," kata dia. (TESTI PRISCILLA/B-8)

Berita Terbaru