Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyakit tidak Menular Jadi Program Baru Dinas Kesehatan Barito Utara

  • Oleh Ramadani
  • 10 Februari 2017 - 17:26 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Bukan hanya penyakit menular yang menjadi program prioritas Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara, namun juga penyakit tidak menular.

Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara Robansyah didampingi Kepala Bidang Pengendalian dan Penanganan Masalah Penyakit, Junnu, Jumat (10/2/2017), mengatakan pihaknya saat ini menambah seksi atau bagian untuk penanganan penyakit tidak menular.

Dikatakannya, berdasarkan data yang dimiliki World Health Organization (WHO), angka kematian karena penyakit tidak menular bisa ditekan hingga 60% bila segera ditangani, kemudian angka kesakitan dapat ditekan hingga 40% bila terdeteksi lebih dini.

Saat ini, Dinas Kesehatan sedang melakukan sosialisasi ke puskesmas maupun masyarakat, pospindu haji, dan posyandu lansia untuk medeteksi penyakit tidak menular.

Diharapkan dengan keberadaan pospindu dan posyandu lansia dapat mendeteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular yang dapat terjadi. Dengan harapan angka kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular dapat ditekan. (RAMADHANI/B-3)

Berita Terbaru