Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kearifan Budaya Lokal Ini semakin Memudar

  • Oleh Supri Adi
  • 12 Februari 2017 - 12:38 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Pesatnya perkembangan teknologi membuat tradisi lokal yang muncul dari kebiasaan masyarakat semakin terpinggirkan, terutama oleh para generasi muda.

Salah satu kearifan budaya atau tradisi lokal yang semakin terpinggirkan adalah tradisi Baarak atau mengantarkan mempelai laki-laki ke rumah mempelai perempuan dengan iringan syair berbahasa arab dicampur dengan tabuhan alat musik rebana.

Tokoh masyarakat Desa Muara Untu Kecamatan Murung, Dayan mengatakan, tradisi Baarak yang harus dimainkan sekelompok pria dewasa ini semakin tahun peminatnya semakin sedikit. Mirisnya, saat acara berlangsung tidak ada anak muda yang mau melibatkan diri dalam acara tersebut.

"Awalnya dulu Baarak ini hanya sebuah permainan untuk menyemarakkan suasana mengantarkan mempelai pria ke rumah mempelai wanita. Karena menjadi kebiasaan acara ini menjadi salah satu budaya masyarakat yang tak lepas dari setiap acara perkawinan," ungkapnya, Minggu (12/2/2017).

Menurut Dayan juga, perkembangan zaman membuat setiap penyelenggaran Baarak minim peminat. Hanya sedikit anak muda yang mau melibatkan diri. "Yang ikutpun pria dewasa yang sudah berusia." (SUPRIADI/B-2)

Berita Terbaru