Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Ingatkan Pemkab Kotim Realisasikan Sumur Bor Antisipasi Dampak Kemarau

  • Oleh M. Rifqi
  • 14 Februari 2017 - 15:42 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Fraksi PAN DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Roy Lumban Gaol mengingatkan pemerintah kabupaten setempat merealisasikan pembuatan sumur bor sebagai antisipasi dampak musim kemarau, terutama ketersediaan air bersih dan upaya pemadaman kebakaran lahan yang cepat.

"Seperti kemarau tahun 2015 lalu, sulitnya air bersih dan sumber air yang memudahkan pemadaman kebakaran lahan tidak tersedia. Pemkab perlu berlajar dari pengalaman dengan membuat sumur-sumur bor yang mudah diakses masyarakat," kata dia, Selasa (14/2/2017).

Menurut Roy, penyediaan kebutuhan dasar air bersih dan upaya pemadaman kebakaran lahan, merupakan tugas pemerintah daerah. Pemkab tidak hanya bisa mengimbau masyarakat untuk terlibat dalam upaya pemadaman kebakaran lahan. Tetapi sarana prasarana untuk itu tidak ditunjang oleh pemerintah daerah.

Permintaan masyarakat di wilayah Selatan saat anggota dewan melakukan reses, lanjut dia, salah satunya meminta agar dibuatkan sumur-sumur bor.

"Karena di wilayah selatan itu saat kemarau panjang air sungai berubah menjadi asin karena air laut masuk ke aliran sungai. Sumur bor juga memudahkan untuk pemadaman kebakaran lahan," ujar wakil rakyat dari daerah pemilihan Kotim satu meliputi Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Mentaya Hilir Selatan, Teluk Sampit, dan Pulau Hanaut itu. (MUHAMMAD RIFQI/B-5)

Berita Terbaru