Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Kronologis Kaburnya Empat Tahanan Polsek Ketapang

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 14 Februari 2017 - 19:07 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Empat tahanan Polsek Ketapang yang berhasil kabur pada Selasa (14/2/2017) dini hari, hingga malam ini  belum juga tetangkap. Ke empat tahanan tersebut yakni Emansyah alias Herman Naga (33) tersangka kasus penusukan wanita hamil dan pencurian, Ahmad Badarudin alias Mandra (18) tersangka pencurian, Samsudin alias Ujang (25) tersangka pencurian, dan Sudiansyah (33) tersangka pencurian.

Kronologis kaburnya empat tahanan tersebut diduga terencana dengan matang. Sebelum diketahui kabur, Kapolsek Ketapang Kompol Purwanto Hari Subekti memeriksa tahanan dan memastikan semua pintu sel sudah tertutup.

Usai mengecek ruang tahanan, kapolsek pulang ke rumahnya. Selang setengah jam kemudian, sekitar pukul 00.30 WIB, anggota polsek yang sedang piket pergi ke belakang. Sehingga di bagian penjagaan depan tidak ada aparat yang berjaga.

Kondisi itu ternyata dimanfaatkan ke empat tahanan untuk menjalankan aksinya. Diduga, mereka melihat posisi gembok di pintu tahanan tidak terkunci, yang langsung itu dimanfaatkan untuk kabur dengan melalui pintu depan.

Aksi tersebut dilakukan keempat tahanan sekitar pukul 01.00 WIB. Baru ketahuan, saat sejumlah tahanan di balik jeruji besi yang tidak ikut kabur, berteriak memberitahukan petugas.

'Saat mereka kabur, sejumlah tahanan lainnya sempat berteriak memberitahukan petugas. Anggota kami langsung melakukan pengejaran," kata Kapolres Kotim AKBP Hendra Wirawan melalui Waka Polres Kompol Bronto Budiono, Selasa (14/2/2017).

Setelah mengetahui bahwa ada tahanan kabur, anggota polsekpun langsung mehubungi Kapolsek Ketapang Kompol Purwanto Hari Subekti, dan langsung melakukan pencarian. Dari rekaman video CCTV, pelarian ke empat tahanan ke arah timur.

Sekitar pukul 06.00 WIB, polisi mendapat laporan ada warga bernama Samsul yang tinggal di Jalan Rambai 5, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang kehilangan kelotok tanpa mesin.

Info itu ditindaklanjuti polisi dengan menyusuri sungai Mentaya. Saat penyusuran, mereka menemukan kelotok Samsul di Desa Terawan, Kecamatan Seranau. 

'Semua perwira baik itu satuan maupun polsek juga kami kerahkan mencari tahanan kabur tersebut,' terang Bronto. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru