Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyerapan Tenaga Kerja di Pulang Pisau tidak Terpantau

  • Oleh James Donny
  • 15 Februari 2017 - 08:32 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pulang Pisau kesulitan memantau penyerapan tenaga kerja. Hal itu disebabkan perusahaan jarang melaporkan keberadaan tenaga kerja yang mereka rekrut.

"Padahal kita membuat kartu bagi para pencari kerja atau kartu AK1 (kartu kuning). Dengan dibuatkan kartu AK1 kita bisa mengetahui bahwa pencari kerja melamar di perusahaan ini dan sebagainya," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pulang Pisau Farisco JS Ibat, Selasa (14/2/2017).

Selain itu, perusahaan ketika merekrut tenaga kerja seharusnya menyampaikan laporan ke pemerintah melalui Dinas Tenaga Kerja. Namun selama ini hal itu tidak dilakukan.

"Jadi kita tidak tahu yang diterima berapa dan yang tidak diterima ada berapa. Seperti baru-baru ini banyak yang membuat AK1, namun terserap atau tidak masih belum jelas karena perusahaan tidak ada melaporkan," katanya.

Karena itu, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi sampai sekarang tidak mengetahui nasib para pencari kerja yang membua AK1 tersebut.

Di samping mengetahui jumlah tenaga kerja, Farisco mengatakan, laporan tenaga kerja di perusahaan juga dibutuhkan untuk mengetahui angka pengangguran sehingga bisa diakomodasi. "Karena tidak ada laporan kita tidak mengetahui jumlah pencari kerja yang direkrut, dan data yang ada selalu statis," sebutnya. (JAMES DONNY/B-3)

Berita Terbaru