Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

AKBP Jukiman: Perlu Langkah Bersama Selamatkan Orangutan

  • Oleh Roni Sahala
  • 16 Februari 2017 - 19:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kapolres Kapuas AKBP Jukiman Situmorang mengatakan perlu langkah bersama dalam upaya penyelamatan orangutan. Kata dia, polisi bisa menjadi ujung tombak kampanye pentingnya melindungi primata ini.

Dimana malalui Bintara Pembina Kemanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) dapat disosialisasikan mengenai orangutan dan hal ini akan menjadi yang pertama di Indonesia, dimana polisi ikut dalam upaya konservasi.

"Nanti melalui Babinkamtibmas kita sampaikan ke masyarakat pentingnya orangutan. Lalu apa akibatnya jika memelihara atau membunuh," jelas AKBP Jukiman Situmorang, Kamis (16/2/2017) malam.

Tapi lanjutnya, polisi juga memiliki keterbatasan informasi dan data untuk kepentingan menyampaikan pada masyarakat. Seperti pengetahuan mendalam tentang pola hidup, wilayah sebaran, habitat alami, sifat, dan banyak hal lainnya.

Maka dari itu jelas Jukiman, organisasi yang konsen meneliti dan upaya penyelamatan orangutan perlu bekerjasama dengan pihaknya. Hal itu bisa dituangkan dalam nota kesepahaman.

"Bagaimana jika kasus pembantaian orangutan ini kita jadikan pintu masuk pada satu upaya bersama yang jelas target dan tujuannya. Polres Kapuas siap jadi pilot project," katanya.

Rilis yang diterima Borneonews.co.id dari Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) dan Center for Orangutan Foundation (COP) isinya menyatakan mengutuk kasus pembantaian orangutan di Kapuas, yang dilakukan karyawan PT Susantri Permai. Kasus ini sendiri sudah ditangani Polres Kapuas dengan penetapan tiga tersangka. (RONI SAHALA/B-6)

Berita Terbaru