Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kebumen Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKSDA Kalteng Juga Evakuasi Sepasang Orangutan Dari Warga Buntok

  • Oleh Uriutu
  • 17 Februari 2017 - 16:11 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Kalimantan Tengah (Kalteng), juga mengevakuasi sepasang orangutan dari warga Buntok, Barito Selatan (Barsel). Setelah sebelumnya, juga mengevakuasi si Murti beruang madu ((2 tahun) dari warga di Kelurahan Jelapat Buntok.

Sepasang orangutan tersebut berjenis kelamin laki-laki bernama, Boy (7 tahun) dan perempuan Bembem (8 tahun). Orangutan tersebut, dipelihara oleh pemiliknya yakni H. Heri di Jalan Pelita Raya Buntok. "Setelah kita mengevakuasi beruang madu, berselang satu jam kemudian kita juga mengevakuasi sepasang orangutan," kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah III BKSDA Kalteng Nizar Ardhanianto, Jumat (17/2/2017).

Ia mengatakan, hal ini berdasarkan informasi dari masyarakat bahwa ada warga yang memelihara satwa dilindungi atau langka. Berdasarkan informasi itu, lanjut dia, pihaknya langsung menuju tempat pemilik peliharaan orangutan tepatnya di Karoke LA jalan Pelita Raya Buntok.

"Evakuasi ini dilakukan karena satwa ini tinggal tidak pada tempatnya. Kemudian kita evakuasi ketempat seharunya satwa itu berada," ucap dia.

Ia menjelaskan, orangutan ini sudah lama berinteraksi dengan manusia, maka akan dilakukan proses rehabilitasi di Nyaru Menteng Palangkaraya. (URIUTU DJAPER/B-8).

Berita Terbaru