Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembersihan Bakung Tetap Memperhatikan Ekosistem Sungai

  • Oleh Wahyu Krida
  • 20 Februari 2017 - 11:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pembersihan Sungai Sekonyer dari tanaman bakung tetap memperhatikan ekosistem sungai. Pelaku wisata, volunteer non goverment organization dan Balai TNTP hanya membersihkan bakung yang menutupi jalur transportasi sungai menuju Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP).

"Karena keberadaan tumbuhan bakung tersebut juga menjadi tempat berlindung sejumlah hewan air yang hidup di Sungai Sekonyer. Jadi kita hanya membersihkan dan menyingkirkan tanaman bakung yang tumbuh menutupi jalur sungai saja," ujar Arbain, koordinator lapangan bersih Sungai Sekonyer, Senin (20/2/2017).

Menurutnya, dalam kegiatan diskusi santai yang digelar saat beristirahat seusai membersihkan sungai, memang ada usulan untuk mengagendakan kegiatan ini dua kali dalam setahun. "Namun setelah kita berdiskusi dengan rekan dari Balai TNTP serta NGO konservasi lingkungan, bila kegiatan ini terlalu sering dilakukan, secara tidak langsung malah merusak ekosistem sungai," jelasnya.

Untuk itu, lanjutnya, kegiatan ini hanya dilakukan bila kondisi bakung sudah menutupi sungai. "Tentunya dalam kegiatan pembersihan selalu berkoordinasi dengan Balai TNTP. Karena kegiatan ini dilakukan diwilayah tugas mereka," jelansya. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru