Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Musim Hujan bukan Berarti Kalteng Bebas Karhutla

  • Oleh Testi Priscilla
  • 21 Februari 2017 - 17:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Saat ini Kalimantan Tengah masih berada dalam musim penghujan.

Prakirawan di Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tjilik Riwut, Kota Palangka Raya, Bayu Umbaran, memperkirakan musim hujan di Bumi Tambun Bungai berlangsung hingga April atau Mei mendatang.

Meski masih dalam musim penghujan bukan berarti Kalteng akan bebas dari kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Untuk masalah kebakaran, sempat terpantau titik panas (hot spot) selama tidak terjadi hujan di beberapa wilayah Kalimantan Tengah beberapa waktu belakangan ini," ungkap Bayu kepada Borneonews, Selasa (21/2/2017).

Salah satunya titik panas terpantau satelit NOAA (ASMC) pada pada Senin (20/2/2017). Lokasinya di wilayah Kabupaten Seruyan.

"Pada musim hujan, bukan berarti tiap hari ada hujan terus-menerus, yang pasti ada juga hari yang tidak ada hujannya," sebut Bayu.

Untuk itu, ia meminta masyarakat tetap memperhatikan keadaan cuaca saat akan bepergian dan jangan mengambil kesempatan membakar lahan saat sedang tidak hujan. Karena meskipun sedang musim hujan, bukan berarti kebakaran tidak bisa meluas. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru