Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Pusat Kucurkan Rp12 Miliar, Pembangunan Embung Danau Gatal Dimulai

  • 21 Februari 2017 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah pusat telah menggelontorkan dana sebesar Rp12 miliar untuk pembangunan embung di Danau Gatal, Kecamatan Kotawaringin Lama, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Embung itu dibangun untuk menyediakan air baku bagi industri khusus, dan kebutuhan air bersih di beberapa kecamatan sekitar, seperti Kecamatan Arut Selatan, Kumai dan Kotawaringin Lama.

Kepala Bidang Sumber Daya Air, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kobar, Erdy Setiawan mengatakan, pemerintah memberikan bantuan itu agar Kobar memiliki sumber air baku. Ia mengatakan, ketersediaan air baku sangat penting.

"Dalam sistem penyediaan air bersih, sumber air merupakan salah satu komponen yang mutlak dipenuhi. Kami memilih Danau Gatal setelah dilakukan pengkajian hanya di tempat itu yang mampu menampung air hingga 97 juta m3," katanya, Selasa (21/2/2017).

Ia menambahkan, syarat pembangunan sumber air baku harus clean and clear, dengan kualitas air yang baik. Selain Danau Gatal, pihaknya juga akan membangun embung di Kecamatan Pangkalan Banteng. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-10)

Berita Terbaru