Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Temukan Unggas yang Mati dalam Jumlah Banyak, Segera Lapor Petugas Disnakkeswan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 23 Februari 2017 - 16:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun -Peternak unggas harus mulai mewaspadai ancaman flu burung. Sebab, ratusan unggas di tiga kecamatan Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, mati diduga tertular Avian Influenza (AI) atau flu burung.

Lalu, apa yang harus dilakukan masyarakat bila mengetahui ada unggas mati dalam jumlah yang banyak di lingkungan tempat tinggal kita Kepala Bidang Kesehatan Hewan Disnakkeswan Kotawaringin Barat (Kobar) Haryo Prabowo menjelaskan, cara aman agar masyarakat terhindar dari penularan penyakit berbahaya tersebut. "Segera melaporkan peristiwa tersebut kepada petugas di Kantor Disnakkeswan Kobar atau perangkat desa/kelurahan terdekat," jelasnya.

Selain melaporkan kepada petugas, masyarakat juga diharapkan tidak memegang langsung unggas yang mati tanpa pelindung. "Bila terpaksa memegang unggas tersebut usahakan menggunakan sarung tangan karet sekali pakai atau plastik," jelasnya.

Menurutnya, jangan sekali-sekali membuang bangkai unggas yang mati itu ke sungai atau tengah jalan. "Karena hal itu sangat berbahaya dan berpotensi menyebarkan virus H5N1 atau virus flu burung melalui perantaraan udara atau air. Agar virus tersebut mati maka unggas tersebut harus dibakar, kemudian dikubur di dalam tanah," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru