Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Desak Pemkab Kobar Optimalkan Peran RT/RW

  • 23 Februari 2017 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Triyanto mendesak Pemkab Kobar mulai mengoptimalkan peran rukun tetatanga/ rukun warga (RT/RW).

Menurut Triyanto, Pemkab harus mulai memandang besarnya peran RT/RW di lingkungan masyarakat. Secara tidak langsung, Ketua RT dan RW menjadi perwakilan pemerintah di lingkungan masyarakat terkecil.

"RT/RW itu merupakan elemen di tengah-tengah masyarakat kita, enggak bisa dipungkiri itu kan realita. Seberapa besar peran RT/RW itu akhirnya, ya memang sangat besar peran RT/RW," katanya, dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat desa, di Arut Utara Kamis, (23/2/2017).

Dia mengatakan, RT dan RW dapat menjadi penengah dalam persoalan rumah tangga kehidupan bermasyarakat. Persoalan rumah tangga ini, kata dia, diselesaikan dengan gotong-royong.

Contohnya, terang Triyanto, seperti saat ada warga yang meninggal dunia. Ketua RT maupun RW mengakomodasi warga setempat untuk membantu mengurusi pemakaman warga yang meninggal dunia. "Kemudian ketika ada got mampet, pohon tumbang, kabel putus, penyakit masyarakat, itu kan semuanya biasanya diselesaikan melalui RT/RW. Artinya, keberadaan organisasi ini masih sangat dibutuhkan," bebernya.

Dengan besarnya peran RT/RW, kata politikus Partai Gerindra ini, Pemkab semestinya mulai merumuskan insentif kesejahteraan mereka. Dengan optimalisasi peran RT/RW akan sejalan dengan pengaktifan kembali sistem keamanan lingkungan. "Memang sudah ada anggarannya, namun masih sangat kecil," tandasnya. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-10)

Berita Terbaru