Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Memprihatinkan, Kakek Lumpuh dan Bisu Ini Hidup di Rumah yang Nyaris Runtuh

  • 24 Februari 2017 - 22:37 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kondisi Darhan sungguh memprihatinkan. Selain fisiknya yang lumpuh, kakek berusia 57 tahun ini juga hanya tinggal di rumah tua yang nyaris runtuh.

Warga Sare Pulau, Desa Mabulau RT 3, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas tersebut tinggal di rumah yang kondisinya memprihatinkan, dengan atap dari daun rumbia yang sudah bocor-bocor, dinding papan banyak yang berlubang, begitupun dengan lantai papan banyak yang sudah lapuk karena termakan usia.

Saat ingin melepas penat, Darhan hanya tidur beralaskan kasur yang sudah usang dan tidak layak pakai.

"Kekurangan fisiknya pun bahkan tak cuma lumpuh. Penglihatannya pun sudah rabun, cara berkomunikasi hanya menggunakan bahasa isarat," kata Rizal, Ketua RT 3 Desa Mabulau, Jumat (24/2/2017).

Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari ia hanya berharap belas kasihan dari warga sekitar. "Setiap pagi, harus ngesot ke teras rumah orang dan apa bila ada yang lewat pas memberikan makanan kepadanya," sambung Rizal.

Rizal mengakui kondisi bangunan rumah Darhan memang tidak layak huni. Sebagai ketua RT, sebenarnya pihaknya sudah pernah mengusulkan ke pemerintah daerah melalui pemerintahan desa, baik saat Musrenbang desa maupun dalam kesempatan lainnya agar kakek tersebut mendapat bantuan.

"Saya sudah mengusulkan bantuan mengirim proposal untuk rumah kakek Darhan agar mendapat program bedah rumah. Tapi sampai saat ini tak kunjung dapat. BUkan itu saja, raskin (beras miskin) pun tidak dapat jatah padahal sudah diusulkan," tukasnya. (DJIMMY NAPOLEON/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru