Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Cara Unik Petani Padi di Seruyan Mengusir Burung Pipit

  • Oleh Parnen
  • 25 Februari 2017 - 15:16 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Ada cara unik yang dilakukan petani di kawasan Mahang, Desa Persil Raya, Kecamatan Seruyan Hilir, untuk menghalau dan mengusir kedatangan gerombolan burung pipit yang ingin mematuk bulir padi yang sudah masak dan siap di panen.

Seperti cara yang dilakukan Madi dan keluarganya dalam sebulan terakhir ini. Ratusan burung pipit yang mengincar padi milik keluarganya yang mau dipanen berhasil diusir dengan cara unik itu, meski terdengar berisik.

"Kami cukup gunakan sejumlah kaleng biskuit ukuran sedang yang ada ikatan batu kecil di dalamnya. Kemudian kaleng-kaleng itu diikatkan pada beberapa utas tali yang dibentangkan dari beberapa sudut dan tepi lahan. Sementara satu bagian ujung tali lainnya diikat dengan jarak yang berdekatan," kata Madi, petani padi Kuala Pembuang, Sabtu (25/2/2017).

Begitu kawanan burung pipit datang mengintai atau mau memakan padi di sawah, lanjutnya, dia cukup menarik ikatan tali secara bergantian. Sehingga dari tarikan itu menimbulkan suara berisik yang berasal dari dalam kaleng guna mengalihkan perhatian dan mengusir kawanan burung pipit menjauh dari lokasi lahan pertanian.

"Burung pipit itu ramai berdatangan saat pagi dan sore hari. Di waktu itulah kita lebih mengawasi keberadaan padi di lahan. Jangan sampai padi yang mau dipanen justru malah banyak dimakani burung liar tersebut," ujarnya. (PARNEN)

Berita Terbaru